Erdogan Janji Turki Akan Lindungi Warisan Budaya Hagia Sophia

Rinaldi Aban

"Kami mengubah Hagia Sophia menjadi museum (pada 1934) dengan keputusan yang salah, dan kami mengembalikannya ke masjid lagi," ujar Erdogan.

Suara.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji akan melindungi warisan kebudayaan Hagia Sophia, seperti yang dilakukan para pendahulunya.

"Saat membuat Hagia Sophia kembali kepada asalnya, kami akan melestarikan warisan kebudayaannya, sebagaimana yang dilakukan oleh para pendahulu," ujar  Erdogan seperti dilansir Anadolu Agency jaringan Suara.com.

"Kami mengubah Hagia Sophia menjadi museum (pada 1934) dengan keputusan yang salah, dan kami mengembalikannya ke masjid lagi," tambahnya.

Hagia Sophia digunakan sebagai gereja selama berabad-abad di bawah kekuasaan Kekaisaran Bizantium. Kemudian diubah menjadi masjid setelah penaklukan Istanbul pada 1453.

Pada 1935, Hagia Sophia diubah menjadi sebuah museum. Erdogan mengatakan kompleks bersejarah itu akan siap untuk menyelenggarakan salat Jumat pada 24 Juli mendatang. (Anadolu Agency/Osman Bayturk/Umar Idris) 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS