Alexa

Ada Jerawat di Telinga, Begini Cara Mengobatinya

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Ilustrasi telinga. (Shutterstock)
Ilustrasi telinga. (Shutterstock)

Kemunculan jerawat tak hanya di wajah, tapi juga bisa di punggung, kelapa dan telinga, karenanya penanganannya pun berbeda.

Suara.com - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu, di manapun ia tumbuh, termasuk jerawat yang tumbuh di dalam telinga.

Selain sulit untuk diobati, karena berada di daerah yang tak bisa dijangkau, jerawat yang tumbuh di dalam telinga juga terasa lebih menyakitkan, dibandingkan dengan jerawat yang tumbuh di bagian tubuh lain, seperti wajah.

Nah, jika Anda memiliki jerawat di dalam telinga, berikut cara mudah untuk mengobatinya dilansir Boldsky. Perlu diingat, sebaiknya jangan menyepelekan jerawat yang tumbuh di area ini, karena dapat menyebabkan infeksi jika tidak ditangani.

1. Bersihkan dengan air
Membersihkan telinga dengan air dingin dapat membantu menghilangkan kotoran dan debu di dalamnya, sehingga dapat mencegah infeksi. Anda juga bisa mencuci telinga dengan sabun bebas alkohol, untuk membersihkan telinga secara menyeluruh, sehingga penyembuhan jerawat. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari untuk mencegah jerawat di dalam telinga.

2. Gunakan hidrogen peroksida
Menggunakan hidrogen peroksida dapat membantu mengobati jerawat di dalam telinga. Ambil bola kapas dan rendam dalam larutan hidrogen peroksida. Lalu, terapkan pada jerawat Anda dan biarkan beberapa waktu. Anti-inflamasi dan antibakteri yang ditemukan dalam hidrogen peroksida, dapat membantu  mengeringkan jerawat dengan cepat, sehingga jerawat bisa sembuh sepenuhnya.

3. Alkohol
Salah satu cara terbaik untuk mengobati jerawat di dalam telinga adalah dengan menggunakan bantuan alkohol. Ini bisa membantu mengeringkan jerawat  dan mencegah penyebaran infeksi. Ambil alkohol dan rendam dalam kapas. Miringkan kepala Anda selama beberapa waktu dan kemudian oleskan ke jerawat di dalam telinga. Tunggu beberapa waktu dan ulangi dua atau tiga kali dalam sehari.

4. Kantong teh hijau
Menggunakan kantong teh hijau adalah salah satu cara yang efektif untuk mengobati jerawat di telinga. Antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam teh hijau, dapat membantu mencegah jerawat atau menyembuhkan jerawat di dalam telinga.

5. Menggunakan krim jerawat
Menggunakan krim jerawat adalah cara lain untuk menyingkirkan jerawat dalam telinga. Biasanya, di dalam krim jerawat terdapat benzoil peroksida sekitar 2-10 persen. Benzoil peroksida sangat membantu dalam mengobati jerawat, karena dapat mengeringkan jerawat di telinga dan mencegah penyebaran. Anda juga dapat menerapkan krim asam glikolat 10 persen untuk mengobati jerawat di telinga.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Mari tetap hargai perbedaan agar kita tidak terpecah belah. Setuju dengan Kang Emil! 😎 #KutipanSuaradotcom
.
.
#KutipanBijak #KutipanSukses #KataBijak #MotivasiSukses #Inspirasi #Motivasi #QuoteBijak #KutipanCinta #QuoteOfTheDay #Quotes #Suaradotcom