alexametrics

Tempat Parkir di Apartemen Ini Dijual dengan Harga Rp11 Miliar

Doddy Rosadi
Tempat Parkir di Apartemen Ini Dijual dengan Harga Rp11 Miliar
Tempat parkir di apartemen mewah di SoHo. (NYTimes)

Harga jual tempat parkir itu empat kali lebih mahal dari harga rata-rata rumah.

Suara.com - Apa yang bisa anda dapatkan dengan uang sebesar 1 juta dolar Amerika atau sekitar Rp11 miliar di kota New York? Sebuah jam tangan Cartier yang bertahtakan berlian atau mobil Bentley Continental 2014 dan juga sebuah tempat parkir di apartemen di kawasan SoHo.

Perusahaan pengembang Atlas capital Group tengah membangun 10 apartemen dengan tempat parkir yang biayanya lebih mahal dari harga jual apartemen tersebut. Tempat parkir 1 juta dolar Amerika itu akan ditawarkan kepada 10 pembeli apartemen mewah pertama di jalan 42 Crosby itu.

Harga tempat parkit di apartemen mewah itu empat kali lebih mahal dari rata-rata harga rumah di kota itu. Kondomonium itu dirancang oleh arsitek Annabelle Selldorf. Luas tempat parkir termahal di dunia itu yaitu 200 kaki persegi yang artinya 5 ribu dolar Amerika per kaki persegi.

Harga apartemen yang selangit di Manhattan, New York merupakan sebuah hal yang lumrah. Rata-rata harga apartemen di daerah itu sudah mencapai 920 ribu dolar Amerika pada kuartal kedua tahun ini.

“Kami akan mencoba menjadi contoh pertama. Di real estate, lokasi menentukan harga dan tempat parkir juga termasuk,” kata Shaun Osher, pendiri perusahaan CORE di Manhattan.

Kenapa tempat parkir di SoHo menjadi sangat mahal? Karena, kata Osher, daerah itu tidak mempunyai lahan yang tersisa untuk dijadikan tempat parkir. Bahkan gedung apartemen yang sudah ada juga tidak mempunyai tempat yang cukup untuk dijadikan tempat parkir.

Jumlah luas wilayah parkir di area itu 102.000 pada 2010 atau turun 20 persen dari 127.000 titik pada 1978. Langkanya lahan parkir membuat harga 1 juta dolar Amerika yang ditawarkan apartemen mewah di SoHo masih dinilai wajar. Tahun lalu, tempat parkir di 66 East 11 Street yang bisa memuat dua kendaraan dijual dengan harga 1 juta dolar Amerika. (NYTimes)