Alexa

Punya Bujet Minim Tapi Mau Liburan Dadakan? Ini 5 Caranya

Angelina Donna
Punya Bujet Minim Tapi Mau Liburan Dadakan? Ini 5 Caranya
Bujet minim tapi pengin liburan dadakan

Pernah dengar konsep liburan bareng-bareng alias open trip nggak?

Suara.com - Saat badan lelah dengan rutinitas sehari-hari dan rasa hati bete maunya sih menghibur diri dengan liburan sebentar sambil cari inspirasi. Tapi gimana dong kalau bujet lagi pas-pasan?

Tenang. Simak dulu  5 siasat supaya tetap bisa liburan dengan bujet minim meski dadakan.

Cari open trip
Pernah dengar konsep liburan bareng-bareng alias open trip nggak? Jadi, travel agent atau EO mengadakan trip dengan mengumpulkan traveler hingga mencapai quota tertentu. Ini bisa jadi salah satu opsi saat kita pengin banget liburan tapi punya bujet yang pas-pasan.

Emang sih harus ikut jadwal grup dan ketemu orang-orang yang belum dikenal. Tapi, open trip bisa menghemat bujet. Semakin banyak yang ikut, biasanya biaya bakal makin murah. Tapi, hati-hati, kalau mau open trip pastikan pilih travel agent atau EO yang terpercaya biar nggak kena tipu.

Selektif pilih destinasi
Sebenarnya punya tabungan dan dana darurat, tapi pas dilongok nominalnya nggak cukup buat liburan karena sudah terpakai.

Nah, coba pilih destinasi yang sesuai dengan isi kantong kita saat ini. Nggak perlu memaksakan, yang penting keinginan untuk liburan sejenak bisa terlaksana walau sederhana.

Semisal, punya bujet buat liburan ke Bandung, ya dilaksanain aja, nggak perlu maksain ngutang biar bisa ke Maladewa.

Pakai Kartu Kredit
Kenapa nggak boleh antipati sama yang namanya kartu kredit? Karena, saat kepepet kayak gini, saat sedang nggak ada dana lebih, kartu kredit bisa jadi opsi buat kita bisa menikmati liburan dadakan.
Tapi ingat, tetap pertimbangkan dengan matang berapa besar limit kartu kredit yang akan digunakan dan perhitungkan tagihannya. Nggak mau habis liburan happy-happy lalu jadi nggak tenang di kemudian hari karena pusing melunasi tagihan kan?

Bikin share cost trip
Nah, kalau yang ini, kita bisa organize sendiri. Nggak harus pakai quota traveler. Cari saja teman-teman atau seputar networking kita yang mau liburan bareng. Sistemnya sudah jelas, sharing alias berbagi.

Semisal mau liburan ke Pulau Seribu, bagi saja biayanya. Sebagian bayar penginapan dan lainnya bayar biaya makan selama liburan. Jadi kalau share cost trip ini lebih ke kesepakatan yang dibuat bersama.

So, bisa banget disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing tapi masih bisa nikmatin seru bareng teman.

Lupakan oleh-oleh
Sudah jadi budaya orang Indonesia setiap ada yang mau pergi liburan pasti wajib bawa oleh-oleh khas destinasi liburan. Lupakan saja dulu. Mungkin cukup bawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah saja.

Kamu nggak wajib untuk bawa oleh-oleh. Jadi jangan merasa bersalah kalau disindir sama teman atau tetangga. Bilang saja, maaf oleh-olehnya cucian kotor hehehe.

Saat pengin liburan dadakan ya silahkan, tapi ingat, sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Waktu, kesehatan dan yang pastinya keuangan. Nggak perlu terlalu memikirkan orang lain saat kamu butuh me time dengan liburan sejenak.


Baca juga artikel DuitPintar lainnya:

Pengin Liburan Murah Meriah Yuk Manfaatkan Travel Fair

Traveling Sambil Dibayar di Usia Kepala 2 Coba Pakai Cara Ini Deh

Selesai Liburan Jangan Sedih Lihat Rekening Menciut Pulihkan Keuangan Kamu dengan 5 Tips Ini

Published by
loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS