Ingin Jadi Orang Kaya? Ketahui Cara Mereka Kelola Keuangan

Angelina Donna
Ingin Jadi Orang Kaya? Ketahui Cara Mereka Kelola Keuangan

Usahakan langsung menyisihkan sebagian gaji tersebut untuk ditabung.

Suara.com - Siapa yang tidak mau jadi orang kaya? Sering kali kita berkhayal bagaimana rasanya hidup dikelilingi banyak uang. Kita juga sering kali berpikir bagaimana cara orang kaya mengelola keuangannya. Dengan hidup yang super mewah, bagaimana mungkin kekayaan mereka dapat bertahan tanpa pengelolaan keuangan yang baik? Anda yang sudah hidup super hemat saja selalu merasa kurang. Bahkan, gaji sudah habis di pertengahan bulan.

Berbagai macam pertanyaan terlintas di dalam pikiran jika membahas tentang hidup orang kaya. Tak ada habis-habisnya sampai membuat kepala Anda pusing. Jika ingin menjadi orang kaya, Anda perlu mengetahui tips mengelola keuangan ala orang kaya.

1.Jangan Lupa Sisihkan Penghasil untuk Ditabung
Siapa pun bisa jadi orang kaya jika mau menabung. Kecuali orang tersebut sudah kaya sejak dilahirkan di dunia. Ia tak perlu susah payah lagi menyisihkan uang untuk ditabung. Lantas, bagaimana dengan Anda yang tidak lahir dari keluarga konglomerat? Menabung adalah jawabannya.

Ketika Anda menerima gaji per bulan, usahakan untuk langsung menyisihkan sebagian gaji tersebut untuk ditabung. Anda dapat menyisihkan setidaknya 15-20 persen dari total gaji untuk ditabung. Hindari kebiasaan menghambur-hamburkan uang.

Jika Anda sudah menabung, tapi hasilnya tidak memuaskan, Anda perlu mengubah teknik menabung. Anda dapat membuat rekening khusus untuk tabungan masa depan. Tabungan ini tentunya tidak boleh digunakan untuk keperluan sehari-hari. Sebab telah dikhususkan untuk satu tujuan pada masa depan nanti.

2.Menempatkan Sebagian Penghasilan di Instrumen Investasi
Investasi juga merupakan salah satu cara untuk melipatgandakan kekayaan. Semakin banyak yang diinvestasikan, semakin banyak pula keuntungan yang mungkin didapat dari waktu ke waktu.

Setiap instrumen investasi menawarkan keuntungan yang berbeda-beda. Kalau ingin keuntungan yang besar dalam sekejap mata, Anda dapat menempatkan dana di investasi saham. Namun, investasi ini merupakan investasi dengan risiko tinggi ketimbang yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin mempertahankan kekayaan saat terjadi inflasi, investasi emas dan properti sangatlah disarankan. Sebab kedua investasi ini terbukti kebal terhadap laju inflasi. Malahan nilainya semakin lama semakin tinggi seiring berjalannya waktu.

3.Belanja Sesuai Kebutuhan
Salah satu penyakit yang membuat Anda sulit kaya adalah sangat mudah tergiur untuk beli ini dan itu. Padahal, barang tersebut bukan barang yang Anda butuhkan. Namun, Anda harus membelinya karena beberapa alasan, misalnya barang sedang diskon.

Perlu Anda ketahui, setiap pusat perbelanjaan sering kali menawarkan diskon untuk menarik konsumen agar membeli barang tersebut. Namun, Anda perlu memikirkan kegunaan barang tersebut sebelum memutuskan untuk membeli. Kalau barang dirasa tidak terlalu penting, lebih baik uangnya Anda tabung dan investasikan agar keinginan menjadi orang kaya dapat segera terwujud.

4.Catat Semua Pengeluaran
Mencatat semua pengeluaran sehabis berbelanja memang terlihat sepele. Namun, cara ini sangat ampuh agar Anda dapat mengetahui berapa jumlah yang sebenarnya telah dihabiskan dalam kurun waktu tertentu. Catatan ini nantinya dapat Anda gunakan sebagai pedoman untuk pengeluaran pada waktu mendatang.

Agar semua catatan pengeluaran tersusun rapi dan mudah dibaca, ada baiknya sediakan satu buku khusus untuk pengeluaran. Jangan lupa untuk mengisi catatan tersebut sehabis Anda berbelanja. Catatlah semua pengeluaran, baik yang nominalnya kecil maupun besar.

5.Biasakan Gaya Hidup Hemat
Kebanyakan orang kaya memang suka berfoya-foya menghabiskan seluruh uang yang dimiliki. Namun, ini tidak terjadi pada semua orang kaya. Pada beberapa kasus, ada orang kaya yang suka menabung, berinvestasi, dan berusaha untuk hidup hemat. Malahan, orang yang keadaan ekonominya “biasa saja” cenderung menghabiskan uang lebih banyak ketimbang orang kaya.

Salah satu sifat orang kaya yang perlu Anda tiru adalah Warren Buffett. Ia memilih untuk hidup sederhana sejak masih muda. Warren Buffett juga lebih memilih untuk menginvestasikan gaji yang diperolehnya untuk masa depan. Pilihannya tersebut berbuah manis sekarang. Terbukti dengan masuknya Warren Buffett dalam daftar nama 10 besar orang terkaya di dunia.

Jika Anda ingin kaya, hiduplah sederhana. Minimalkan semua pengeluaran yang masih dapat diminimalkan. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan kegunaan barang sebelum membelinya. Semoga tips di atas berguna.

 

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Jangan Asal Tergiur ‘Double Claims’ Asuransi: Pahami Maksudnya!

Keuntungan Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri

Emas atau Deposito, Mana yang Lebih Baik untuk Investasi? Baca Ini Dulu

Published by
loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Satu jam lagi!
Facebook Live @suaradotcom Talkshow bersama Sandiaga Uno @sandiuno membahas posisi Jakarta di mata Dunia🇮🇩
.
Hari Sabtu 16 Desember 2017 Jam 11 : 00 WIB
.
Nah kalau kamu ingin Jakarta seperti apa? 
Staytuned! Facebook: Suaradotcom📽
.
#suaradotcom #facebooklive #sandiagauno #paradigma #pemprovdkijakarta #talkshow #infojakarta #livefacebook #portalmedia  #sandiagaunountukdki #dkijakarta

INFOGRAFIS