Robert Kuok, Manusia Paling Kaya di Malaysia Tahun 2018

Adhitya Himawan
Robert Kuok, Manusia Paling Kaya di Malaysia Tahun 2018
Konglomerat Malaysia Robert Kuok. [Facebook]

Kekayaan taipan pada daftar orang kaya Malaysia melonjak sepanjang tahun lalu.

Suara.com - Forbes Asia kembali menempatkan taipan Malaysia Robert Kuok sebagai orang paling kaya dalam Daftar Orang Paling Kaya Forbes Malaysia 2018 atau the 2018 Forbes Malaysia Rich List.

Siaran pers dari markas Forbes Asia Singapura yang dikirim ke Kuala Lumpur, Kamis (8/3/2018), menyebutkan kekayaan taipan pada daftar orang kaya Malaysia melonjak sepanjang tahun lalu.

Sebuah kenaikan 6,6 persen di Indeks Komposit Kuala Lumpur selama setahun terakhir dan apresiasi nilai ringgit sebesar 13,1 persen terhadap dolar membantu meningkatkan sebagian besar nasib para konglomerat.

Secara keseluruhan, dari 34 daftar terlihat mengalami kenaikan kekayaan mereka sementara hanya enam yang mengalami penurunan.

Robert Kuok berada di puncak daftar dengan kekayaan bersih 14,8 miliar dollar AS. Kuok juga merupakan penambah dolar terbesar tahun ini, karena ia menambahkan 3,4 miliar dolar untuk kekayaannya, naik dari 11,4 miliar dollar dari tahun lalu.

Quek Leng Chan (No. 2, senilai 7,2 miliar dollar) dari Hong Leong (Malaysia) dan Ananda Krishnan (No. 3, senilai 7,1 miliar dollar) dari Maxis, mempertahankan posisi mereka dalam tiga besar dalam daftar tahun ini.

Chen Lip Keong (No. 7, senilai 3,3 miliar dollar), Chief Executive dan pemegang saham mayoritas NagaCorp, melihat kekayaannya meningkat sebesar 1,7 miliar dollar di tengah naiknya wisatawan ke Kamboja, biaya tenaga kerja negara yang rendah dan kontrol ketat Chen terhadap pengeluaran barang modal. Milyuner game ini juga tampil di sampul edisi terbaru Forbes Asia.

Brothers Koon Poh Keong dan Poh Ming (nomor 8,senilai 3 miliar dollar) adalah pemenang persentase terbesar tahun ini karena mereka melihat angka keberuntungan gabungan mereka meningkat 186 persen dari 1,05 miliar dollar tahun lalu.

Sebuah penurunan dalam peleburan aluminium di China karena alasan lingkungan telah mendorong permintaan untuk aluminium yang diproduksi oleh perusahaan mereka, Press Metal.

Poh Keong mengemukakan ide untuk perusahaan tersebut dan memiliki 80 persen kekayaan senilai 3 miliar dollar. Itu membuatnya menjadi miliarder baru dengan sendirinya.

Dua milyarder baru lainnya adalah konglomerat Sunway Jeffrey Cheah (No. 13 senilai 1,3 miliar dollar) dan pengusaha sarung tangan karet Lim Wee Chai (No. 14 senilai 1,2 miliar dollar). Kekayaan Cheah naik 330 juta dollar dari 970 juta dollar tahun lalu, sementara kekayaan Lim meningkat sebesar 560 juta dollar dari 640 juta dollar sebelumnya.

Orang kaya lainnya yang masuk daftar adalah duo AirAsia Tony Fernandes (No. 30 sebesar 745 juta dollar) dan Kamarudin Meranun (No. 31,sebesar 735 juta dollar).

Kekayaan bersih mereka lebih dari dua kali lipat sebagai mereka low-cost carrier berencana menambah 30 pesawat karena permintaan yang kuat di kawasan ini, berkonsolidasi Unit Asia Tenggara menjadi satu perusahaan holding dan mendirikan usaha patungan di China, Indonesia dan Vietnam. AirAsia juga ingin mengambil India.

Di antara delapan pendatang baru tahun ini adalah Yong Pang Chaun (No. 39,senilai 430 juta dollar), managing director Padini Holdings. Satu-satunya wanita yang masuk daftar tahun ini adalah Norraesah Mohamad (No. 49 senilai 305 juta dollar) dari My E.G. Jasa.

Francis Yeoh dan enam saudara kandungnya (No. 11 sebesar 2,4 miliar dollar) menggantikan ayah mereka, Yeoh Tiong Lay, pendiri YTL Corp., yang meninggal Oktober lalu pada usia 87. Francis telah hadir menjalankan konglomerat properti, manufaktur dan utilitas keluarga selama lebih dari dua dekade.

Saudara Lim Peng Cheong dan Peng Jin (No. 15 senilai 1,19 miliar dollar) juga bergabung dalam daftar untuk Pertama kali sebagai ayah mereka, Lim Teck Meng, pendiri produsen bahan kemasan Scientex, turun dari daftar setelah memberikan sebagian besar sahamnya kepada mereka.

Pendatang baru lainnya yang masuk daftar adalah Leong Kok Wah (No. 36, 480 juta dollar) Eco World Pengembangan; Cheah Cheng Hye (No. 38, 435 juta dollar) dari Value Partners; Mohd Abdul Karim Abdullah (No. 48, 310 juta dollar) dari Serba Dinamik dan Anthony Tan (No. 50, 300 juta dollar) dari Ambil, menyusul penutupan penggalangan dana 2,5 miliar dollar yang berhasil di bulan Januari.

10 besar terkaya di Malaysia adalah: 1) Robert Kuok; US 14,8 miliar dollar 2) Quek Leng Chan; 7,2 miliar dollar 3) Ananda Krishnan; 7,1 miliar dollar 4) Teh Hong Piow; 6 miliar dollar 5) Lee Shin Cheng; 5,6 miliar dollar 6) Lim Kok Thay; 4,7 miliar dollar 7) Chen Lip Keong; 3,3 miliar dollar 8) Koon Poh Keong & Poh Ming; 3 miliar dollar 9) Lau Cho Kun; 2,6 miliar dollar 10) Kuan Kam Hon; 2,5 miliar dollar Daftar ini disusun dengan menggunakan informasi dari individu, bursa saham, analis, basis data pribadi, instansi pemerintah seperti Komisi Perusahaan Malaysia, dan sumber lain didasarkan pada harga saham dan nilai tukar pada saat penutupan pasar pada 9 Februari.

Perusahaan swasta dinilai dengan menggunakan rasio keuangan dan perbandingan lainnyadengan perusahaan sejenis yang diperdagangkan.

Perkiraan tersebut mencakup kekayaan pasangan dan di mana Orang adalah pendiri perusahaan, mereka juga termasuk kekayaan putra dan putri yang diturunkan dari perusahaan itu Dalam kasus di mana kekayaan anggota keluarga didasarkan pada hal yang sama perusahaan. (Antara)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS