Tips Mengisi Review Tahunan di Kantor bagi Karyawan

Arsito Hidayatullah
Tips Mengisi Review Tahunan di Kantor bagi Karyawan
Ilustrasi pekerja kantor, karyawan dan atasan. (Shuttestock)

Sebagai karyawan, Anda harus memastikan diri siap menghadap atasan di kantor ketika ada review tahunan.

Suara.com - Jika bekerja di kantor, di akhir tahun biasanya Anda akan dihadapkan dengan kewajiban review tahunan. Pada saat review dilaksanakan, Anda akan berhadapan dengan atasan. Oleh sebab itu, harus dipastikan bahwa Anda sudah siap menghadap atasan untuk menjelaskan apa-apa saja yang terjadi selama setahun pada perusahaan, di mana tentunya berhubungan juga dengan untung dan rugi perusahaan.

Sebagai seorang karyawan, Anda tentunya ingin mengambil hati atasan. Paling tidak, bisa menunjukkan bahwa Anda adalah pekerja yang bertanggung jawab dan telah menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki oleh perusahaan.

Mengingat pentingnya review, berikut akan dijelaskan mengenai hal yang penting yang harus Anda perhatikan saat mengisi review, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Matangkan persiapan

Pertama, harus mempersiapkan diri Anda. Pastikan bahwa Anda telah siap untuk memaparkan hal-hal penting dalam review akhir tahun tersebut. Jangan sampai gugup, karena bisa mengakibatkan atasan tidak begitu yakin dengan laporan pertanggungjawaban Anda. Setelah itu, Anda juga harus menyiapkan data-data yang diperlukan saat mengisi review.

Bawalah data-data tersebut dengan lengkap dan presentasikan di depan atasan. Perhatikan juga penampilan dan kesopanan, karena Anda harus menyampaikan laporan pertanggungjawaban dalam review akhir tahun ini dengan cara yang baik.

2. Jujur

Jujurlah kepada atasan mengenai hasil pekerjaan. Tidak ada salahnya untuk jujur mengenai kendala apa yang menghambat pekerjaan, untuk diselesaikan dengan segera. Atasan Anda tentunya dapat memaklumi, jika hal yang diutarakan jujur dan bisa diterima oleh logika.

Jangan terus-menerus memaksakan diri untuk menjadi sempurna di mata atasan, tetapi ceritakan juga permasalahan yang dihadapi terkait pekerjaan. Dengan begitu, atasan Anda bisa membantu dengan memberikan solusi atas masalah tersebut. Akan tetapi, perlu diperhatikan pula untuk tidak menyalahkan pekerja lain yang berhubungan dengan masalah tersebut.

Anda mungkin saja memang mendapati rekan kerja yang tidak kompeten. Namun, menjelek-jelekkannya di depan atasan bukanlah hal yang baik. Selain itu, jika memang diperlukan, mintalah fasilitas tambahan pendukung kinerja.

3. Kenaikan gaji bukanlah hal mustahil

Jika memang merasa hasil pekerjaan Anda memuaskan, tidak ada salahnya untuk meminta kenaikan gaji pada atasan. Anda bisa meyakinkannya dengan menunjukkan bukti-bukti hasil kerja yang selesai dengan baik sesuai dengan deadline yang diberikan.

Saat pekerjaan Anda memuaskan dan meminta kenaikan gaji, tentunya si atasan harus mempertimbangkannya. Perusahaan tentu takut kehilangan pekerja yang berbakat dan bertanggung jawab seperti Anda. Mereka akan mempertimbangkan hal tersebut karena ada rasa khawatir kalau-kalau Anda akan beralih ke perusahaan lain.

Namun dalam mengajukan kenaikan gaji, Anda juga harus memperhatikan kesopanan. Jangan pernah meminta kenaikan gaji dengan cara memaksa, apalagi mengancam. Walaupun hasil kerja memuaskan, atasan tetaplah atasan, sehingga harus tetap bersikap sopan terhadapnya.

4. Ajukan pelatihan

Saat review, Anda juga diperbolehkan untuk mengajukan diri agar bisa mengikuti pelatihan. Hal ini tentu berdampak pada perusahaan, mengingat hasil pelatihan yang nantinya Anda dapatkan bisa diterapkan di perusahaan tersebut.

Oleh sebab itu, mintalah fasilitas ini dan kembangkanlah potensi dalam diri. Pelatihan itu biasanya dapat berupa pelatihan soft skill maupun pendidikan yang lebih tinggi. Beberapa perusahaan memberikan syarat pendidikan yang lebih tinggi untuk memperoleh jabatan yang lebih tinggi.

Aktivitas pengembangan diri bukan hanya berbentuk pelatihan, namun juga bisa berupa penugasan. Jika Anda adalah seseorang yang terbuka untuk dunia baru, ajukanlah diri kepada atasan untuk sebuah penugasan.

Dengan begitu, Anda bisa bekerja di lokasi lain, namun tetap berada pada naungan perusahaan yang sama. Segala biaya tentunya akan ditanggung oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Review Akhir Tahun Bukanlah Hal yang Menakutkan

Tidak ada hal yang menakutkan jika kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Kembangkan kemampuan agar karir meningkat.

Jangan cepat puas dengan pencapaian hari ini, namun tetaplah menjadi seseorang yang maju. Bertanggung jawablah atas semua yang dikerjakan, dan perhatikanlah etika di mana pun Anda bekerja.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Susah-susah Gampang, Begini Cara Membangun Karier dari Nol

Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian

Selalu Berpikir Positif Demi Karier yang Sukses dengan Tips Berikut

Published by
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS