Waketum Aprindo Pilih Buka Bisnis Gorengan Dengan Uang Rp 80 Juta

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Waketum Aprindo Pilih Buka Bisnis Gorengan Dengan Uang Rp 80 Juta
Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Tutum Rahanta. (Suara.com/Achmad Fauzi)

"Bisa jualan gorengan omsetnya Rp 4-5 juta sehari."

Suara.com - Masyarakat saat ini tengah ramai memperbincangkan soal nominal Rp 80 juta yang dipakai seorang pengusaha tambang berinisial R untuk sekali berhubungan badan dengan artis Vanessa Angel .

Banyak orang menyayangkan Rp 80 juta digelontorkan hanya untuk sekali kencan dengan mantan tunangan Didi Mahardika itu.‎

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia ( Aprindo ), Tutum Rahanta menyebut, dengan uang Rp 80 juta, dirinya akan menggunakan uang itu untuk membuka usaha kecil menengah (UKM).

Menurutnya, uang sekitar Rp 80 juta tersebut cukup untuk membuka usaha makanan atau minuman di beberapa tempat.

"Kamu bisa cek dengan lokasi tertentu bisa jualan gorengan omsetnya Rp 4-5 juta sehari. Skala buat gerobakan lebih dari cukup, paling bikin gerobakan puluhan juta. Ini kan dagang harian palingan butuh modal Rp 10-20 juta," ujarnya, Senin (7/1/2019).

Selain itu, uang tersebut juga bisa untuk membuka bisnis waralaba. Tutum mengatakan, dengan Rp 80 juta masyarakat bisa memilih franchise sesuai dengan keinginan.

"Kalau franchise tergantung, segmennya banyak, kalau untuk thai tea lebih dari cukup. Tapi untuk fried chicken yang besar itu enggak bisa itu ratusan juta. Atau bisa ciptain sendiri, sediain aja 4-5 gerobak jual buah rujak di lokasi tertentu, bayar cuma Rp 500 ribuan buat tempat," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS