Startup Rusia Mau Pasang Iklan di Ruang Angkasa

Vania Rossa | Dian Kusumo Hapsari
Startup Rusia Mau Pasang Iklan di Ruang Angkasa
Ilustrasi luar angkasa. (Shutterstock)

Nantinya, iklan tersebut bisa dilihat dari seluruh penjuru dunia.

Suara.com - Perkembangan teknologi membuat perusahaan-perusahaan startup di dunia saling berlomba-lomba untuk menghadirkan inovasi. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi ini tidak kalah bersaing. Salah satunya yang dilakukan oleh perusahaan startup asal Rusia bernama StartRocket. Perusahaan ini memiliki ide memperkenalkan papan iklan yang mengorbit di angkasa.

Dilansir dari Oddity Central, media iklan ini terbuat dari satelit yang disebut CubeSat. Satelit mungil ini nantinya mengorbit dari jarak 400-500 kilometer di atas bumi.

Mereka berharap bisa menggunakan sebuah satelit kubus kecil yang bisa menciptakan tampilan terprogram di langit malam.

Iklan canggih ini nantinya hanya bisa disaksikan di malam hari. Namun, media promosi ini bisa dilihat dari seluruh penjuru bumi. StartRocket sendiri sudah membuat purwarupa CubeSat. Rencananya, mereka akan menguji terobosan itu tahun depan.

"Kita hidup di alam semesta dan umat manusia haruslah mulai mengirim budayanya ke angkasa. Para pakar berpengalaman akan mewujudkan ide itu dengan lebih baik," kata Vlad Sitnikov, pemimpin proyek StartRocket.

Sitnikov menyebut bahwa perusahaannya tengah mengembangkan purwarupa ide ini dengan bekerja sama dengan Institut Sains dan Teknologi Skolkovo di Moskow.

Rencana ini akan diuji coba pada awal tahun depan. Tapi, sejumlah hal masih belum jelas, seperti teknologi yang digunakan, dana perusahaan, hingga soal perizinannya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS