Sebelum Eka Tjipta Wafat, Sandiaga Mengaku Pernah Dinasehati Ini

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Sebelum Eka Tjipta Wafat, Sandiaga Mengaku Pernah Dinasehati Ini
Sandiaga Uno datang melayat Eka Tjipta Widjaja yang berada di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto. (Suara.com/Achmad Fauzi)

"Di awal karir saya sebagai pengusaha, saya sempat bertemu beliau,"

Suara.com - Sandiaga Uno mengaku pernah diberi nasehat oleh Eka Tjipta Widjaja sang pendiri Sinar Mas Group. Sandiaga menuturkan, Eka Tjipta pernah meminta dirinya untuk bekerja keras dalam menjalankan bisnis.

Nasehat itu didapat Sandiaga dari Eka Tjipta ketika Sandiaga memulai karirnya sebagai pengusaha.

"Di awal karir saya sebagai pengusaha, saya sempat bertemu beliau, diberikan nasehat bahwa kalau bisnis mau besar itu harus kerja keras dan networking, berjejaring, banyak teman, silaturahmi. Banyak teman itu mendatangkan banyak rezeki," ujarnya saat mendatangi Rumah Duka Sentosa di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (27/1/2019).

Selain itu, saat Sandiaga menjadi Ketua HIPMI, Eka Tjipta juga pernah berpesan untuk tidak hanya melakukan ekspansi di dalam negeri, tetapi juga merambah bisnis di luar negeri.

"Beliau membangun jejaring bukan hanya di Indonesia, tapi di China, Hong Kong dan kita lihat bagaimana sekarang ekspansi bisnisnya. Dan mungkin ini motivasi bagi pengusaha-pengusaha pemula UMKM untuk bisa bekerja keras membangun jejaring networking karena itu lah kunci kesuksesan dari usaha. Saya yakin motivasi itu kita eksekusi dikeseharian kita akan datangkan banyak pertumbuhan ekonomi," tutur dia.

Pendiri PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) ini juga mengklaim pernah menjalin bisnis bersama dengan perusahaan milik Eka Tjipta.

"Kami tentunya pernah kerja sama bareng dengan grup Sinar Mas di berbagai usaha, dan juga di Kadin. Beberapa kali kami ada kesempatan kerja bareng sama Indra Wijaya, sama Pak Hengki. Mereka adalah pengusaha-pengusaha yang sangat ulet," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS