Kelebihan Bagasi, Citilink Kenai Tarif Hingga Rp 30.000 Per Kilogram

Iwan Supriyatna
Kelebihan Bagasi, Citilink Kenai Tarif Hingga Rp 30.000 Per Kilogram
Pesawat Citilink. (citilink.co.id)

Harga tersebut masih perkiraan dan belum harga resmi.

Suara.com - Citilink Indonesia akan memberlakukan penarikan tarif kelebihan bagasi pada 8 Februari 2019. Adapun tarif kelebihan bagasi diperkirakan berkisar antara Rp 9.000 hingga Rp 30.000 per kilogram.

Direktur Niaga Citilink Indonesia Benny Rustanto mengatakan, bahwa harga tersebut masih perkiraan dan belum harga resmi.

"Harga tersebut masih terus kami kaji berapa pastinya, mungkin saat ini bisa dikatakan Rp 9.000 sampai dengan Rp 25.000 atau Rp 30.000 per kilogram tertinggi," katanya.

Dia menjelaskan, tarif kelebihan bagasi juga akan ditentukan sesuai jarak dan waktu tempuh penerbangan.

"Tergantung jarak, semakin jauh jarak mungkin semakin mahal karena itu bervariasi. Kalau Rp 9.000 kami kategorikan penerbangan di bawah satu jam," katanya.

Benny mengaku, pihaknya memberlakukan bagasi berbayar karena kondisi maskapai saat ini dinilai berat, sementara biaya operasional terus meningkat.

"Maskapai selain semakin rumit dan berat, komponen biaya sebagai keselamatan tidak bisa dikompromikan, tidak ada kata berhemat. Kami ingin bertahan melayani penumpang, kami juga tidak mau Citilink berhenti," katanya.

Terkait kesiapan infrastruktur, pihaknya sudah mempersiapkan hampir 100 persen, yakni mesin electronic data capture (EDC), beberapa tablet dan penambahan pesonel keamanan bandara (aviation security).

"Mengenai mitigasi, kami menambah personel pengamanan, melakukan pelatihan dan menambah SOP," katanya. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS