Hormati Perayaan Nyepi, Tol Bali Mandara Ditutup Selama 32 Jam

Iwan Supriyatna
Hormati Perayaan Nyepi, Tol Bali Mandara Ditutup Selama 32 Jam
Ilustrasi suasana Nyepi di Bali, jalanan begitu lengang. (Suara.com/Luh Wayanti)

"Penutupan dimulai Rabu (6/3) pukul 23:00 Wita, dan dibuka kembali pada Jumat (8/3) 07.00 Wita,"

Suara.com - Selama perayaan Nyepi pada 7 Maret mendatang, Tol Bali Mandara yang menghubungkan Kota Denpasar dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung akan ditutup operasionalnya selama 32 jam.

"Penutupan dimulai hari Rabu (6/3) pukul 23:00 Wita, dan akan dibuka kembali pada hari Jumat (8/3) mulai pukul 07.00 Wita," kata Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol Enkky Sasono AW.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menghormati perayaan hari besar keagamaan umat Hindu di Bali, maka diberlakukan kebijakan penutupan sementara tol di atas perairan tersebut.

Hal tersebut juga memperhatikan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 003.1/11367/PK/BKD, tanggal 21 November 2018, tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2019.

Meskipun tol ditutup pada waktu yang sudah ditentukan itu, tidak menutup kemungkinan tol akan dipergunakan dalam situasi keadaan darurat seperti mobil ambulans, pemadam kebakaran dan lainnya.

Walaupun ada pengecualian itu, pihaknya menyarankan agar pengemudi kendaraan yang dikategorikan darurat itu selalu didampingi oleh pecalang. Hal ini sebagai salah satu langkah sesuai SOP yang sudah ada.

Sementara itu, General Manager Operation & Maintenance PT Jasamarga Bali Tol, Ahmad Izzi mengatakan, bahwa dalam mendukung kegiatan masyarakat pada kegiatan upacara Melasti (salah satu rangkaian Nyepi) di Teluk Benoa, patroli jalan tol telah membantu pengaturan lalu lintas dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa sampai ke lokasi melasti.

Izzi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan pecalang (petugas pengamanan adat) membuat contra flow sementara jalan akses Pelabuhan Benoa, pada hari Senin (4/3) mulai dari pukul 06.00- 14.00 Wita.

"Jadi, jalan akses dari depo Pertamina ke arah Pelabuhan Benoa sampai dengan lokasi melasti dipakai khusus masyarakat yang akan melaksanakan upacara Melasti. Sedangkan jalur sebaliknya, dari Pelabuhan Benoa ke arah Pesanggaran difungsikan dua arah," ucapnya.

PT Jasamarga Bali Tol juga menyiagakan petugas kebersihan di sekitar lokasi upacara dan ambulans jalan tol yang siaga di depan SPBU Jalan Pelabuhan Benoa. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS