Mau Ikut Mudik Gratis Kemenhub? Begini Cara Daftarnya

Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Mau Ikut Mudik Gratis Kemenhub? Begini Cara Daftarnya
Ilustrasi mudik gratis menggunakan bus. (Suara.com/Dimas Angga P)

Kemenhub menyediakan 1.200 bus gratis untuk mudik lebaran 2019.

Suara.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyediakan 1.200 bus gratis untuk mudik lebaran 2019. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar, dibuka dua jenis pelayanan yakni secara online dan manual.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi menjelaskan, untuk pendaftaran secara online sudah bisa diakses mulai 20 Maret 2019. Sedangkan untuk pendaftaran secara manual bisa diakses paling cepat awal April 2019.

"Manual masih menunggu kontrak, tetapi kalau online sudah bisa diakses mulai besok," ujar Budi Setiadi, Selasa (19/3/2019).

Untuk pendaftaran secara online bisa diakses melalui situs mudikgratis.dephub.go.id. Menurutnya, pendaftaran secara online masih sama seperti tahun lalu.

Untuk pendaftaran secara manual, pemudik diwajibkan melampirkan STNK motor dan KTP untuk mendaftar. Tahun 2019 ini Kemenhub menyediakan kuota 54 ribu orang pemudik.

"Pendaftaran manualnya ada di bawah Kementerian Perhubungan, di Dinas Perhubungan daerah, ini sedang direncanakan mendaftar lewat Alfamart," tambahnya.

Untuk diketahui, Kemenhub menyediakan 40 tujuan kota untuk pemudik seperti Jawa Barat sebanyak 30 bus, Jawa Tengah 880 bus, Jawa Timur 35 bus dan Sumatera 25 bus.

Untuk kota tujuan pemudik di Jawa Barat disediakan seperti wilayah Cirebon, Banjar dan Ciamis. Untuk Jawa Tengah ada Yogyakarta seperti Pemalang, Pekalongan, Purwokerto sampai Kebumen.

Selain itu, untuk Jawa Timur kota tujuan pemudik yang disediakan seperti Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang dan Pacitan.

Terakhir, untuk pemudik yang akan menuju Pulau Sumatera, tujuannya ada ke Lampung, Palembang dan Padang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS