Kemenhub Siapkan 1.200 Bus Gratis untuk Mudik

Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Kemenhub Siapkan 1.200 Bus Gratis untuk Mudik
Ilustrasi bus gratis untuk mudik.

Kemenhub menyediakan 1.200 bus untuk mudik gratis pada tahun ini.

Suara.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan menyediakan 1.200 bus gratis untuk mudik pada tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi. Budi menyebutkan, kuota yang diberikan meningkat dibanding tahun 2018 kemarin yang hanya 1.073 bus yang diikuti 45 ribu orang.

"Di tahun 2019 menjadi 1.200 bus diharapkan bisa sampai 54 ribu orang ada kenaikan 18 persen dari tahun lalu," ujar Budi Setiadi di Gedung Kementerian Perhubungan, Selasa (19/3/2019).

Adapun tujuan Kemenhub mengadakan bus gratis ini untuk mudik lebaran 2019, supaya mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan mengurangi tingkat kecelakaan.

Selain menambah jumlah bus, Kemenhub juga menambah kota tujuan menjadi 40 kota di tahun ini. Seperti di Jawa Barat disediakan tiga kota, Jawa Tengah 25 kota, Jawa Timur enam kota dan Sumatera tiga kota.

"Sekarang 40 kota tujuan termasuk Jawa Tengah, Jawa Timur. Untuk Sumatera ada Lampung, Palembang dan Padang," tambahnya.

Kemenhub menyediakan untuk wilayah mudik di Jawa Barat kuotanya sebanyak 30 bus, Jawa Tengah 880 bus, Jawa Timur 35 bus dan Sumatera 25 bus.

Untuk kota tujuan pemudik di Jawa Barat disediakan oleh Kemenhub seperti wilayah Cirebon, Banjar dan Ciamis. Untuk Jawa Tengah ada Yogyakarta, Pemalang, Pekalongan, Purwokerto sampai Kebumen.

Terakhir, Jawa Timur kota tujuan pemudik yang disediakan seperti Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang dan Pacitan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS