Ikan Tuna Melimpah Berkat Aksi Susi Tenggelamkan Kapal Ilegal Fishing

Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Ikan Tuna Melimpah Berkat Aksi Susi Tenggelamkan Kapal Ilegal Fishing
Empat dari delapan kapal motor nelayan Vietnam diledakkan di Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalbar, Senin (22/2).

Susi Pudjiastuti mengklaim bahwa Indonesia merupakan pemasok ikan tuna terbesar di dunia.

Suara.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengklaim bahwa Indonesia merupakan pemasok ikan tuna terbesar di dunia. Meningkatnya pasokan ikan tuna terjadi setelah penerapan ditenggelamkannya kapal ilegal fishing di perairan Indonesia.

Selain ikan tuna, Menteri Susi juga mengklaim, kepiting menjadi salah satu komoditas ekspor nomor satu ke Amerika Serikat.

"Indonesia pemasok tuna terbesar di dunia, pemasok kepiting nomor satu terbesar ke Amerika, neraca perdagangan kita nomor satu di Asia Tenggara," ujar Menteri Susi, Selasa (9/4/2019).

Ia mencontohkan, mudahnya mencari ikan tuna di kepulauan Morotai, Maluku dengan hanya memancing bisa mendapat ikan dengan berat puluhan kilogram.

Menteri Susi mengimbau generasi milenial untuk lebih mencintai dan menjaga laut dengan baik untuk menjadikan Indonesia lebih berdaulat.

"Sekarang di Morotai dahulu melihat ikan tuna lima sampai sepuluh kilo saja susah. Sekarang mereka mancing mendapatkan tuna sekitar 90 kilo itu realita yang tidak bisa terbantahkan," tambahnya.

Menteri Susi menambahkan, dengan menenggelamkan kapal ilegal fishing, pasokan ikan cukup melimpah membuat neraca perdagangan Indonesia dalam empat tahun terakhir menjadi nomor satu di Asia Tenggara.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS