Tol Layang Jakarta - Cikampek Belum Bisa Dilintasi saat Mudik Lebaran

Iwan Supriyatna | Muslimin Trisyuliono
Tol Layang Jakarta - Cikampek Belum Bisa Dilintasi saat Mudik Lebaran
Proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated). [Dok Jasa Marga]

Tol layang Jakarta - Cikampek atau tol Elevated II belum bisa digunakan untuk mudik lebaran tahun 2019.

Suara.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan menegaskan jalan tol layang Jakarta - Cikampek atau tol Elevated II belum bisa digunakan untuk mudik lebaran tahun 2019.

Kepala Badan Litbang Kementerian Perhubungan Sugihardjo menjelaskan, tol Elevated II belum bisa digunakan, sehingga pihaknya meminta untuk terlebih dahulu memperbaiki jalur yang ada di bawah tol layang tersebut.

"Kami mewakili dari Jasa Marga yang tidak hadir disampaikan, jalan Tol Elevated belum bisa difungsikan sehingga jalur bawahnya yang diperbaiki dan bisa digunakan," ujar Sugihardjo, Selasa (9/4/2019).

Sugihardjo menambahkan, akan ada rekayasa arus kendaraan pada saat musim mudik lebaran.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menambahkan, jelang arus mudik akan menghentikan sementara pembangunan tol Elevated II maupun proyek LRT untuk keselamatan pemudik.

"Konsepnya menghentikan pekerjaan LRT maupun tol Elevated sampai puncak arus mudik hingga arus balik dari tanggal 31 Mei hingga 10 Juni tetapi akan kita rumuskan dengan Jasa Marga," ujar Budi Setiyadi.

Sebelumnya Sugihardjo memprediksi puncak arus mudik lebaran akan terjadi pada tanggal 31 Mei 2019. Untuk populasi pemudik tahun 2019 berjumlah sekitar 41,9 juta orang, meningkat dari tahun 2018 sebanyak 33,7 juta orang.

"Terbesar di Jawa Tengah Provinsinya dan untuk kota Bandung menjadi mayoritas pemudik," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS