Klaim Bahan Pokok Aman Jelang lebaran, Mendag: Inflasi Terkendali

Bangun Santoso | Muslimin Trisyuliono
Klaim Bahan Pokok Aman Jelang lebaran, Mendag: Inflasi Terkendali
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Suara.com/Ummi H. S)

Menurut Enggartiasto, dengan ketersediaan bahan pokok yang mencukupi membuat permintaan dan pasokan seimbang

Suara.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan persediaan bahan pokok menjelang lebaran 2019 terbilang stabil. Hal tersebut diprediksi inflasi untuk bahan pokok akan terkendali pada bulan Mei.

Hal itu dikatakan Enggartiaso usai membuka bazar Ramadan 2019 di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta. Selain itu, ia mengimbau masyarakat tidak perlu panik karena pasokan bahan pokok tersedia di penjuru tanah air.

"Alhamdulillah semua aman, insyaallah sampai dengan lebaran ini adalah tahun ketiga yang ketersediaan bahan pokok dan harga terkendai inflasi juga terkendali," ujar Enggartiasto di Kementerian Perdagangan, Senin (27/5/2019).

Menurut dia, dengan ketersediaan bahan pokok yang mencukupi membuat permintaan dan pasokan seimbang. Ia optimis dalam dua bulan ke depan akan deflasi karena tidak ada kenaikan harga untuk bahan pokok.

"Deflasi bukan karena ketidakmampuan masyarakat dalam meningkatkan pembelian, tapi karena memang suplai dan demandnya seimbang yaitu harga terkendali," tuturnya.

Untuk menekan harga bahan pokok, Mendag mengapresiasi pedagang yang tidak memanfaatkan memomen bulan Ramadan untuk mengambil keuntungan lebih. Bahkan menjelang lebaran pihak swasta turut membantu menggelar bazar atau pasar murah.

"Mayoritas dari swasta yang mereka peduli dan bukan hanya di sini saja mereka menyelenggarakan pasar murah pasar murah, tetapi di lingkungan mereka sendiri," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS