Imbas Amukan Massa 22 Mei di Halte TJ, TransJakarta Kehilangan Rp 8 Miliar

Iwan Supriyatna | Stephanus Aranditio
Imbas Amukan Massa 22 Mei di Halte TJ, TransJakarta Kehilangan Rp 8 Miliar
Ilustrasi TransJakarta. [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Penurunan penumpang dan kerusakan fasilitas jadi salah satu kerugian terbesar.

Suara.com - Direktur Utama TransJakarta Agung Wicaksana mengungkapkan, pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp 8 miliar akibat kerusuhan 22 Mei di Jakarta. Penurunan penumpang dan kerusakan fasilitas jadi salah satu kerugian terbesar.

Agung Wicaksana mengatakan, jumlah penumpang TransJakarta selama empat hari mulai dari 21 sampai 24 Mei 2019 mengalami penurunan yang signifikan.

"Sekitar Rp 8 miliar adalah hilangnya potensi pendapatan akibat turunnya jumlah pelanggan dengan adanya kemarin kejadian sedikit ribut-ribut di tengah kota itu berpengaruh ke kita," kata Agung di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

Agung menjelaskan, jumlah penumpang TransJakarta setiap harinya sekitar 800 ribu orang. Namun di hari pertama aksi 21 Mei, jumlahnya menurun menjadi 720 ribu orang.

Jumlah itu semakin merosot di hari berikutnya karena pengalihan arus dan keamanan Kota Jakarta yang rawan.
Pada 22 Mei turun menjadi 524.554 orang, 23 Mei mulai naik menjadi 618.062 orang dan naik lagi menjadi 681.554 orang pada 24 Mei.

"Tanggal 27 Mei kemarin jumlah pelanggan pulih kembali," kata Agung.

Sebelumnya, Agung menyebutkan, sarana prasarana TransJakarta mengalami kerusakan. Kaca loket halte Bidara Cina pecah akibat ricuh.

Kerusakan juga terjadi pada halte Slipi Kemanggisan. Kaca halte pecah akibat lemparan batu saat bentrokan pengunjuk rasa dengan petugas kepolisian.

"Dari peristiwa tersebut tidak ada korban," katanya.

Setelah kejadian, TransJakarta langsung menindaklanjuti untuk mendata aset yang mengalami kerusakan dan dilakukan perbaikan segera agar memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS