Nah Lho, Ini Daftar Kesalahan Keuangan yang Sering Dilakukan Anak Kos!

Arsito Hidayatullah
Nah Lho, Ini Daftar Kesalahan Keuangan yang Sering Dilakukan Anak Kos!
Ilustrasi anak kos, kumpulan remaja, mahasiswa. [Shutterstock]

Mengelola uang bulanan memang biasanya menjadi tantangan tersendiri bagi para anak kos.

Suara.com - Menjadi anak kos dan tinggal terpisah dari keluarga, tentu bisa membuat seseorang terbiasa mengurus diri sendiri. Anak kos memang umumnya mandiri dan mengurus berbagai kebutuhan mereka seorang diri, termasuk mengelola keuangan.

Jika kamu termasuk orang yang teliti dan hemat dalam mengatur keuangan, maka akan bebas dari masalah keuangan yang kerap melanda kehidupan anak kos. Namun, jika ternyata sering mengalami masalah keuangan, besar kemungkinan kamu kerap melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan.

Hal ini tentu cukup mengganggu, apalagi jika masalah keuangan ini muncul setiap bulan. Bukan tidak mungkin di tengah bulan saja, kamu sudah akan kehabiskan uang. Bagaimana lagi di akhir bulan, bukan?

Pastikan kamu selalu mengelola keuangan dengan ketat dan tepat, sehingga berbagai kebutuhan terpenuhi dengan baik dan keuangan tetap berjalan dengan sehat. Hindari berbagai kesalahan yang bisa membuatmu kehabisan uang lebih awal. Bagaimana caranya? Simak beberapa kesalahan anak kos dalam mengelola keuangan, yang wajib dihindari seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tak Punya Catatan Anggaran Kebutuhan untuk Sebulan ke Depan

Berapa pun jumlah uang bulanan yang diperoleh, kamu haruslah punya catatan anggaran yang jelas untuk menggunakannya dalam sebulan ke depan. Anggaran bulanan akan membantu mengalokasikan setiap sen uangmu ke pos-pos yang tepat. Dengan demikian, semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik.

Sebaliknya, jika tidak memiliki anggaran bulanan, maka kamu akan membelanjakan uang tanpa rencana, dan bisa saja menghabiskannya untuk hal-hal yang bukan kebutuhan.

Kesalahan paling mendasar yang sering dilakukan anak kos dalam keuangan adalah tidak memiliki anggaran bulanan. Keuangan tidak dijalankan dengan ketat, sehingga berbagai kebutuhan utama tidak terpenuhi dengan baik, dan uang habis lebih cepat dari yang seharusnya.

2. Suka Menunda-nunda Membayar Tagihan Bulanan

Membayar uang kos dan kebutuhan wajib lainnya merupakan hal yang harus dilakukan setiap bulannya. Namun, tak sedikit anak kos yang justru senang menunda-nunda untuk melakukan pembayaran, bahkan meski dananya sudah ada di tangan.

Hal ini tentu sangat berisiko, di mana dana tersebut bisa saja terpakai untuk berbagai kebutuhan lainnya, atau bahkan kamu habiskan untuk hal-hal yang tidak penting. Jika sudah begini, masalah keuangan tentu tidak bisa dihindari, bukan?

3. Tarik Tunai dalam Jumlah Besar dan Membawanya ke Mana pun Pergi

Mengambil uang sekaligus dalam jumlah besar dari ATM, mungkin saja akan menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu melakukannya berulang-ulang. Kamu kemudian biasanya akan membawa uang tunai itu ke mana pun pergi.

Namun hal seperti ini justru bisa berisiko masalah, sebab uang ini bisa saja hilang atau bahkan terpakai di luar rencana keuangan. Masalahnya, saat bepergian dan membawa banyak uang di dompet, kamu akan selalu merasa punya banyak uang, sehingga dengan mudah membelanjakannya tanpa rencana.

Kebiasaan membawa uang dalam jumlah banyak seperti inilah yang akan membuatmu cenderung lebih boros, dan membelanjakan uang untuk hal-hal yang mungkin sama sekali tidak perlu.

4. Mudah Terbawa Lingkungan dan Pergaulan yang Hedon

Lingkungan baru dan juga orang-orang baru memang belum tentu buruk. Namun, hal ini bisa saja membawa dampak negatif di dalam keuanganmu. Biasanya memang, sebagian anak kos akan mencoba untuk bersosialisasi dengan lingkungan dan orang-orang baru yang mereka temui di sekitar kosnya.

Namun masalahnya, jika terbawa dan terlalu mengikuti gaya hidup mereka, seperti hedon misalnya, maka bukan tidak mungkin uangmu akan habis lebih cepat. Terutama lagi jika kondisi keuanganmu memang tidak mendukung untuk hal tersebut.

5. Tidak Belanja untuk Kebutuhan Bulanan Sekaligus

Anak kos pada umumnya akan belanja bulanan dan membeli berbagai keperluan selama sebulan penuh ke depan. Akan sangat baik jika hal ini dilakukan sekaligus, sesaat setelah mendapatkan uang bulanan dari kiriman orang tua maupun gaji.

Jika kamu melakukan belanja bulanan ini secara berulang dan tidak sekaligus, maka besar kemungkinan kamu akan melakukan pemborosan dengan membeli lebih banyak barang yang sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan.

Disiplin dan Berhemat adalah Kunci Keuangan Sehat

Mengelola uang bulanan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para anak kos. Berbagai kesalahan bisa saja membuat kamu kehabisan uang lebih awal dan mengalami masalah keuangan. Hindari hal ini dengan langkah tepat, yakni dengan menyusun anggaran keuangan yang benar, serta menjalankannya secara disiplin dan hemat agar keuangan sehat.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Inilah Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

Mau Coba Investasi Bitcoin? Perhatikan Dulu Fakta dan Risikonya di Sini

Cara Mengatur Keuangan buat Generasi Milenial

Published by

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS