Menhub Sebut Pemudik yang Kembali ke Jakarta Lebih Banyak

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Menhub Sebut Pemudik yang Kembali ke Jakarta Lebih Banyak
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Achmad Fauzi)

"Yang kembali ke Jakarta lebih banyak daripada pulang (kampung),"

Suara.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara resmi menutup Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di Ruang Mataram, Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (14/6/2019). Menurut Menhub banyak catatan yang didapatkan.

Salah satunya, Budi Karya mencatat pemudik yang melakukan arus balik lebih banyak dibandingkan yang mudik.

"Secara umum jumlah pemudik mengalami kenaikan walau enggak signifikan. Kenaikan 1 persen dari kendaraan yang mudik dan kembali 7,8 persen. Jadi yang kembali ke Jakarta lebih banyak daripada pulang (kampung)," kata Budi Karya.

Menurut Budi Karya, kenaikan pemudik yang menuju Jakarta, karena beberapa masyarakat yang telah pulang terlebih dahulu sebelum masa mudik Lebaran. Sehingga, pemudik tersebut tak tercatat pada arus mudik ini.

"Satu mungkin kenapa kembali ke kota lebih banyak, karena ada suatu kegiatan awal mudiknya sudah 2 bulan atau 3 bulan yang tidak tercatat," imbuh dia.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah Total Penumpang yang melakukan perjalanan mudik Angkutan Lebaran tahun 2019 sebesar 18,3 juta orang, jumlah ini menurun 2,42 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018.

Penurunan jumlah pemudik hanya terjadi pada moda angkutan udara yaitu sebesar 27,37 persen dengan total jumlah pemudik 3,52 juta orang sedangkan total jumlah pemudik angkutan udara tahun 2018 sebanyak 4,85 juta orang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS