Menkeu Sri Mulyani Ingatkan Generasi Milenial Miliki Jiwa Nasionalisme

Bangun Santoso | Muslimin Trisyuliono
Menkeu Sri Mulyani Ingatkan Generasi Milenial Miliki Jiwa Nasionalisme
Menteri Keuangan Sri Mulyani. [Antara/Nova Wahyudi]

"Jadi kalau Anda tidak mengenali negara ini dengan baik, saya rasa Anda tidak akan jatuh cinta pada negara ini,"

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap generasi milenial khususnya di Kementerian Keuangan memiliki jiwa nasionalisme. Hal tersebut dinilai bisa menjaga persatuan dan menjadikan Indonesia lebih baik.

Dikutip dari akun Instagram pribadinya, Sri Mulyani mengatakan nasionalisme tidak tumbuh dengan sendirinya. Sehingga perlu memupuk rasa kecintaan terhadap Indonesia.

"Kalau orang Jawa seperti saya mengatakan witing tresno jalaran soko kulino, orang cinta karena dia terbiasa. Jadi kalau Anda tidak mengenali negara ini dengan baik, saya rasa Anda tidak akan jatuh cinta pada negara ini," tulis Menkeu Sri Mulyani, Minggu (7/7/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menerangkan generasi milenaial yang sehari-hari di Indonesia membutuhkan usaha untuk menimbulkan jiwa nasionalisme. Namun, jiwa nasionalisme akan muncul ketika ketika jauh dari tanah air.

"Rasa itu akan muncul ketika ada ancaman yang menghadang, baru kita dapat merasakan betapa berharganya memiliki Indonesia. Ketika kita terpisah jarak dan waktu dengan tanah air, baru kita dapat merasakan betapa indahnya Indonesia," katanya.

Menkeu Sri Mulyani menegaskan jiwa nasionalisme bisa diciptakan dan dipelihara oleh generasi milenial. Salah satunya dalam batas pancasila dengan menjaga norma Ketuhanan yang maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam pemusyawaratan perwakilan, dan untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS