Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Para Pengusaha di Kalbar Siap Berbenah

Iwan Supriyatna
Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Para Pengusaha di Kalbar Siap Berbenah
Desain Ibu Kota Baru. (Dokumen: Kementerian PUPR)

Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur disambut baik para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Barat (Kalbar).

Suara.com - Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur disambut baik para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Barat (Kalbar).

"Pemindahan Ibu Kota baik langsung atau tidak nanti akan berpengaruh ke Kalbar. Pemindahan yang sudah ditetapkan akan memberikan peluang dan kesempatan yang baik bagi Kalbar juga," ujar Ketua 3 Apindo Kalbar, Andreas Acui Simanjaya.

Ia mencontohkan, dengan dekatnya pada pusat pemerintahan memberikan kesempatan kepada Kalbar seperti pembangunan infrastruktur, ekonomi, peningkatan SDM dan lainnya.

Konferensi Pers Ibu Kota Baru. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)
Konferensi Pers Ibu Kota Baru. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

"Kemudian potensi wilayah semisal pariwisata dan juga berbagai keunggulan alam nya tentu berdampak. Termasuk kesempatan meningkatkan kemampuan SDM nya yang pasti diperlukan untuk menunjang keperluan pembangunan," jelas dia.

Menurut Andreas, dengan akses jalan Trans Kalimantan yang sudah menghubungkan provinsi di Kalimantan tentu memberikan dampak yang luas.

"Arus kedatangan manusia dan berbagai kebutuhan untuk mendukung keberadaan ibu kota negara. Hal itu akan menjadikan Kalimantan semakin maju baik dari segi infrastruktur maupun ekonomi," katanya.

Terkait kontribusi Apindo terhadap pemindahan Ibu Kota negara, menurut dia, sejak awal ikut memberi masukan dan kajian kepada pemerintah, bahkan sebelum wacana pemindahan Ibu Kota ini mengemuka di media massa.

"Kita akan memanfaatkan berbagai jaringan Apindo untuk membantu pemerintah merencanakan dan mewujudkan pemindahan Ibu Kota negara ini," jelas dia.

Kemudian investasi besar-besaran jelas akan dilakukan oleh para pengusaha termasuk di dalam anggota Apindo.

"Perlu dipertimbangkan oleh pemerintahan untuk memindahkan Ibu Kota negara yakni ketersediaan SDM dan infrastruktur penunjang serta komunikasi yang baik pada semua pihak, sehingga pemindahan Ibu Kota negara ini berdampak baik bagi seluruh Indonesia," katanya. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS