Wamena Mulai Kondusif, Aktivitas Ekonomi Kembali Menggeliat

Iwan Supriyatna | Muhammad Yasir
Wamena Mulai Kondusif, Aktivitas Ekonomi Kembali Menggeliat
Warga Wamena mengungsi ke Polres Jayawijaya, pascademo yang berujung tindakan anarkis, Senin (23/9/2019). (Antara/Marius Frisson Yewun)

Warga mulai beraktivitas seperti sediakala dan roda perekonomian pun mulai berputar kembali.

Suara.com - Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, situasi dan kondisi di Wamena, Papua mulai berangsur pulih. Warga mulai beraktivitas seperti sediakala dan roda perekonomian pun mulai berputar kembali.

"Situasi mulai pulih dan berangsur normal. Aparat keamanan akan terus menjaga situasi, sekaligus terus mengembangkan penyidikan untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku kerusuhan," kata Paulus kepada wartawan, Kamis (3/10/2019).

Terkait hal itu, Paulus menyebut pihaknya pun telah menahan tujuh tersangka kerusuhan yang terjadi di Wamena.

Di sisi lain Paulus juga memastikan pihaknya akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku kerusuhan lainnya.

Adapun situasi dan kondisi Wamena yang telah berangsur pulih diharapkan akan diikuti dengan mempercepatnya pemulihan ekonomi dan sosial.

Paulus pun mengklaim bahwa pasar yang menjadi pusat kegiatan masyarakat seperti di Jalan Irian, Wamena pun telah beroperasi.

Sementara itu, ditengah kota seperti di jalan Trikora juga sudah mulai ramai dilalui kendaraan para pegawai yang hendak menuju lokasi kerjanya.

"Mulai menggeliatnya kegiatan sehari-hari menandakan kota tersebut mulai berangsur normal," ungkapnya.

Berkenaan dengan itu, Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta pun berharap pemulihan perekonomian di Wamena Papua bisa berjalan dengan cepat.

Menurutnya, perdagangan bahan kebutuhan pokok memberikan kontribusi kedua terbesar sekitar 16,5 persen bagi perekonomian Wamena, setelah sektor transportasi dan pergudangan yang menyumbang 18,7 persen.

"Saya berharap hal-hal positif yang sudah terjadi di Papua, baik itu pertumbuhan ekonomi dan situasi politik serta sosial yang kondusif tetap terjaga agar sama majunya dengan wilayah Indonesia lainnya," kata Arif.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS