Dari Garuda Hingga PLN, 10 BUMN Bareng-Bareng Bantu Merpati Hidup Kembali

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Dari Garuda Hingga PLN, 10 BUMN Bareng-Bareng Bantu Merpati Hidup Kembali
Pimpinan 10 BUMN bertemu di Gedung Kementerian BUMN Jakarta pada Rabu (16/10/2019). [Suara.com/Achmad Fauzi]

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, perseroan ikut dalam restrukturisasi Merpati Airlines atas permintaan dari Menteri BUMN Rini Soemarno.

Suara.com - PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) akhirnya bangkit dari mati surinya setelah para perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membantu restruturisasi. Terdapat 10 BUMN yang ikut dalam restrukturisasi tersebut.

10 BUMN tersebut yakni Garuda Indonesia Group, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT PLN (Persero), serta Himbara yang terdiri dari Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, perseroan ikut dalam restrukturisasi Merpati Airlines atas permintaan dari Menteri BUMN Rini Soemarno.

Selain itu, lanjut dia, kerja sama ini juga ingin membantu Merpati mendapatkan kembali bisnis dan bisa profit kembali, sehingga bisa membayarkan utang-utangnya.

"Pada waktu itu, Ibu Rini meminta Garuda ke saya, pikirkan gimana menolong Merpati. Kami berpikir simple, gimana kerja sama operasi supaya kondisi Merpati saat ini tak drag down atau menarik performancenya Garuda Indonesia," Kata Ari saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

"Kerja sama ini bantu Merpati untuk going concern mendatangkan bisnis buat Merpati, Garuda Indonesia dalam hal ini tak merugi tak terbebani dan bisa mengembangkan pasarnya di Indonesia dan Internasional," tambah dia.

Adapun kerja sama operasi yang dilakukan antara Garuda Indonesia dan Merpati berupa, kerja sama dalam bidang Pelayanan Kargo Udara, Ground Handling, Maintenance Repair & Overhaul (MRO) dan Training Center.

Sedangkan, Garuda Indonesia Group bersama dengan beberapa BUMN lainnya seperti Semen Indonesia, Pertamina, Perum Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan PLN akan mendukung pengelolaan usaha kargo milik Merpati melalui aktivitas pelayanan pengiriman barang-barang (kargo) di wilayah Papua.

Dalam hal kerja sama pengelolaan usaha maintenance, repair, and overhaul (MRO), Merpati Nusantara juga bertindak sebagai agen pemasaran yang menyediakan layanan untuk perawatan turbin dari Pertamina dan PLN yang difasilitasi oleh MRO Merpati Nusantara Group dan Garuda Indonesia Group.

Sementara, dalam usaha training centre, Garuda Indonesia akan berpartisipasi dalam mengelola pusat pendidikan milik Merpati Nusantara agar ke depannya unit usaha ini dapat menjadi salah satu sumber pendapatan besar Merpati.

"Kerja sama ini ditandatangani untuk jangka waktu 38 tahun, tapi setiap periodik 5 tahun bisa di-review dan back to back dengan BUMN lain. Yang paling penting kita menolong Merpati sehingga bisa going concern dan structure ini sudah diterima PPA sebagai kuasa pemerintah untuk restrukturisasi Merpati," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS