Erick Thohir Jadi Menteri BUMN, Saham ABBA Kok Anjlok?

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Erick Thohir Jadi Menteri BUMN, Saham ABBA Kok Anjlok?
Erick Thohir seusai menemui Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019). [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Erick Thohir telah ditetapkan menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Suara.com - Erick Thohir telah ditetapkan menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019).

"Erick Thohir akan menjabat sebagai Menteri BUMN," kata Presiden Jokowi.

Meski telah ditunjuk menjadi Menteri BUMN, namun pergerakan saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA) pada perdagangan saham hari ini berfluktuasi cukup kencang sempat dibuka menguat pada pukul 09:00 Wib di level 228 per saham atau naik 8 poin dari pembukaan awal di level 220 per saham.

Tapi penguatan ini tak berlangsung lama, selang waktu 30 menit saham ABBA langsung anjlok ke level 210 per saham atau turun 1,87 persen.

Pergerakan saham ABBA yang fluktuasi ini boleh dibilang merespon mantan pemiliknya Erick Thohir yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk periode 2019-2024.

Bahkan pukul 9:45 saham ABBA terus menunjukkan pelemahan 2,08 persen ke level 208 per saham. Itu berarti sejak dimulai perdagangan dari pukul 9:00 Wib sampai dengan 9:45 Wib terus tertekan.

Jokowi menunjuk pendiri Mahaka Group Erick Thohir sebagai Menteri BUMN di Kabinet Kerja Indonesia Maju.

"Membangun BUMN, ekspansi ke pasar global, itu ada di beliau," sebut Jokowi saat mengumumkan anggota kabinet.

Nama Erick Thohir sudah disebut-sebut sebagai calon Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sebelumnya ditempati oleh Rini Soemarno.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS