Ratusan Peserta Ikut Pelatihan Skill Development Center di Aceh

Fabiola Febrinastri
Ratusan Peserta Ikut Pelatihan Skill Development Center di Aceh
pelatihan program Pilot Project Skill Development Center (SDC), Kabupaten Aceh Tamiang melalui Mobile Training Unit (MTU), di Aula Setdakab Aceh Tamiang, Aceh, Selasa (29/10/2019). (Dok : Kemnaker)

Tujuan pelatihan SDC adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi kerja.

Suara.com - Balai Latihan Kerja (BLK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan Disnakertrans Aceh Tamiang menyelenggaran pelatihan program Pilot Project Skill Development Center (SDC), Kabupaten Aceh Tamiang melalui Mobile Training Unit (MTU), di Aula Setdakab Aceh Tamiang, Aceh, Selasa (29/10/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Tamiang, Mursil menegaskan, kegiatan PBK yang digelar di Aceh Tamiang (pelatihan MTU) dan BLK Aceh (pelatihan boarding) itu merupakan bekal untuk mengentaskan pengangguran di masa depan. Ia berpesan, agar 200 peserta PBK serius dan fokus dalam menjalani pelatihan.

"Jangan sia-siakan kesempatan ilmu yang diberikan selama ikut masa pelatihan, " katanya.

Ia menambahkan, terlaksananya kegiatan pelatihan berbasis kompetensi ini merupakan dukungan BLK Aceh dan sinerginya seluruh pemangku kepentingan terkait, seperti Kepala BLK Aceh dan seluruh jajaran, OPD, para Kepala Sekolah Menengah Kejuruan serta BPS.

"Besar harapan kami, proram berbasis kompetensi dapat diteruskan di Kabupaten Aceh Tamiang, nantinya," lanjut Mursil.

Sementara itu, Kepala BLK Aceh, Teguh Sulistiyo, menjelaskan tujuan pelatihan SDC, yaitu untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi kerja, disiplin dan etos kerja peserta pelatihan pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu, sesuai dengan jenjang kualifikasi jabatan ataupun pekerjaan.

Sedangkan pelaksanaan On the Job Training SDC, Teguh menyebut, ada tujuh program pelatihan, yaitu Menjahit Pakaian dengan Mesin; program Teknisi Telepon Seluler; program reparasi dan servis sepeda motor konvensional; program Las SMAW; program Practical Office; program Motor Tempel; dan program Finishing Teknik Semprot.

"Kami membuka 9 paket pelatihan SDC dan 6 paket pelatihan bording. Jumlah peserta pelatihan SDC total 144 orang yang terdiri dari 9 paket dan masing-masing paket berjumlah 6 orang, " ujar Teguh.

Adapun jumlah pelatihan bording sebanyak 56 orang, yakni program menjahit pakaian dengan mesin sebanyak 7 orang; teknisi refigrasi (7); reparasi dan servis sepeda motor konvensional (13); reparasi dan servis sepeda motor injeksi (12); operator mesin bubut (8); dan Juru Las SMAW (9).

Hadir dalam acara pembukaan SDC tersebut, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto; para asisten Setdakab; Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, M. Zein; para Kepala OPD terkait, jajaran staf BLK Aceh; para pengelola Workplace SDC dan instruktur Mobile Training Unit dari SMK se-Aceh Tamiang; dan para peserta diklat MTU dan peserta Diklat Boarding.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS