Tmall Alibaba Buka Peluang Produk Indonesia Lebih Banyak Lagi

Suwarjono
Tmall Alibaba Buka Peluang Produk Indonesia Lebih Banyak Lagi
Tmall Alibaba

Produk Indonesia kalah bersaing dengan negara tetangga, seperti Thailand, Malaysia, Filipina maupun Vietnam.

Suara.com - Festival Belanja Global 11.11 tahun 2019 kembali memecahkan rekor sebagai ajang belanja online terbesar di dunia dengan nilai transaksi RMB268,4 miliar atau setara Rp536 triliun. 

Sebanyak 200.000 brand lebih dari 78 negara diborong oleh mayoritas masyarakat Tiongkok. Lalu bagaimana dengan brand Indonesia? Apakah memanfaatkan perhelatan belanja online akbar ini?

Keterlibatan brand Indonesia masih minim, kalah bersaing dengan negara tetangga, seperti Malaysia, Vietnam, Thailand dan Philipina. Hanya sejumlah produk yang beredar di jagad ecommerce China. Seperti Indomie, Kopi Kapal Api, Biskuit Nabati, Kerupuk Udang Papatonk dan Sarang Burung Walet Yan Ty Ty. Menyusul pada gelaran festival belanja 11.11 tahun ini biskuit Tango dan  Ellips.

Kepala Bidang Pengembangan Bisnis Wiulayah Asia Tenggara, Hongkong, Makau, Taiwan Tmall Global, Chris Wang mengakui produk Indonesia masih kurang populer bagi masyarakat China. Hal ini menyebabkan banyak produk asal Indonesia belum banyak beredar di pasaran.

“Kendala selama ini produk-produk dari Indonesia kurang familiar bagi konsumen China. Harus lebih banyak lagi pengusaha Indonesia memanfaatkan besarnya pasar China,” kata Chris di sela acara Festival Belanja 11.11 Alibaba, di Kampus Alibaba, Hangzhou, Chiina, kemarin.

Chris menambahkan, peluang produk Indonesia masuk pasar China melalui platform daring Tmall sangat terbuka lebar. Bahkan Chris memastikan perusahaan Indonesia tidak perlu membuka rekening di China agar bisa bertransaksi. Yang lebih penting adalah bisa memberikan tawaran yang menarik terhadap konsumen China. “Masyarakat (China) suka dengan produk berkualitas. Dan kami mendukung dengan platform logistik, distribusi hingga pembayaran,” kata dia.

Pernyataan senada disampaikan Pal Sun Peng, manajemen importir buah buahan Pagoda, platform transaksi melalui media daring di bawah kelompok Alibaba. Menurutnya, Indoneaia juga berpotensi besar untuk masuk pasar China. “Saat ini sudah ada buah yang masuk di platform Pagoda. Saya lihat Indonesia mempunyai manggis yang bagus bila dikembangkan di malaysia,” kata Pang.

Tmall Global adalah platform daring lintas negara yang sangat komprehensif dan terbesar di China atau Tiongkok. Sedikitnya 400 brand baru bergabung dengan Tmall Global menjelang perhelatan 11.11. Tahun ini Tmall memiliki target mermbedayakamn lebih dari 100 brand untuk mencapai nilai transksi GMB 10 juta. 

Selain itu, Tmall Global  menjadi platform yang menyiarkan sekitar 1.100 sessi livestreaming oleh beberapa Key Opinion Leader (KOL) seperti online selebriti dan influencer.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS