Komisi VII Singgung SKK Migas Kalah Gerak Cepat Dengan Ahok

Chandra Iswinarno | Mohammad Fadil Djailani
Komisi VII Singgung SKK Migas Kalah Gerak Cepat Dengan Ahok
Petugas melakukan perawatan saluran pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Jumat (23/9).

Kardaya melanjutkan, untuk menjawab kemungkinan harga gas bisa turun atau tidak, SKK Migas harus menyampaikan jumlah biaya untuk produksi gas.

Suara.com - Anggota Komisi VII DPR RI Kardaya Wanika meminta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bergerak cepat untuk turun tangan menangani langsung harga gas yang masih mahal.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal lantaran harga gas masih tinggi, sehingga industri dalam negeri sulit bersaing.

“Isu terakhir yang cukup hangat adalah permintaan presiden tentang penurunan harga gas. Dalam hal ini yang paling tanggap adalah Ahok (Komisaris Utama Pertamina). Dia langsung bicara dengan Kepala KSP (Kantor Staf Presiden) mengenai harga gas, meski belum tentu turun harga juga. Saya minta SKK Migas jangan kalah gesit dengan Pertamina, karena SKK Migas lebih punya kewenangan dan itu merupakan tugas utamanya,” ujar Kardaya dalam RDP Komisi VII DPR RI dengan SKK Migas di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020)

Kardaya melanjutkan, untuk menjawab kemungkinan harga gas bisa turun atau tidak, SKK Migas harus menyampaikan jumlah biaya untuk produksi gas. Yakni pertama, biaya pure financial yakni biaya murni yang tidak termasuk sumbangan dan pungutan lainnya. Kedua, Economic Cost yakni biaya yang sudah ditambah pajak dan sebagainya.

"Dengan demikian, SKK Migas bisa menyampaikan ke presiden, jika biayanya seperti itu bisa naik atau tidak,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh anggota Komisi VII DPR lainnya, Mulyanto. Ia mengatakan kemungkinan penurunan harga gas industri dengan melakukan efisiensi dalam proses produksi.

"Saya mengamati kemungkinan-kemungkinannya penurunan harga kontribusi hulu dan hilirnya. Pertama terkait hulu apa gak mungkin efisiensi proses produksi ini. Mungkin gak sih kita turunkan lagi? Mungkin SKK Migas lebih paham," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS