Dihantam Isu Suap, Bos AirAsia Tony Fernandes Mundur Sementara

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Dihantam Isu Suap, Bos AirAsia Tony Fernandes Mundur Sementara
CEO AirAsia Group, Tony Fernandes. [AFP/Peter Parks]

Tony Fernandes memutuskan untuk mundur sementara dari CEO Grup AirAsia.

Suara.com - Tony Fernandes memutuskan untuk mundur sementara dari CEO Grup AirAsia. Hal ini menyusul dengan adanya dugaan suap dari produsen pesawat Airbus sebesar 50 juta dolar AS.

Seperti dilansir dari Channelnewsasia, Tony Fernandes bakal mundur dalam jangka waktu dua bulan ke depan. Selain Tony Fernandes, Chairman AirAsia Kamarudin Meranun juga mundur dari jabatannya.

Posisi Tony Fernandes akan digantikan oleh Tharumalingam Kanagalingam yang sebelumnya menjabat Managers Operation AirAsia.

Dalam pernyataan bersama, Tony Fernandes dan Kamarudin membantah tuduhan melakukan kesalahan saat menjabat sebagai petinggi di AirAsia.

"Kami tidak akan merugikan perusahaan yang kami habiskan sepanjang hidup kami untuk membangun status global mereka saat ini," kata mereka.

Saham AirAsia dan unit AirAsia X jatuh pada hari setelah tuduhan suap yang dilayangkan oleh SFO Inggris mencuat pada Jumat pekan lalu.

Saham AirAsia turun sebanyak 11 persen menjadi 1,27 ringgit, level terendah sejak Mei 2016, sementara AirAsia X turun 12 persen ke level terendah sepanjang waktu 11,5 sen Malaysia.

Badan anti-korupsi Malaysia juga sedang menyelidiki tuduhan itu. AirAsia mengatakan tidak pernah membuat keputusan pembelian yang didasarkan pada sponsor Airbus, dan akan sepenuhnya bekerja sama dengan Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS