Ancaman COVID-19 Makin Mengkhawatirkan, Negara G20 Rapatkan Barisan

RR Ukirsari Manggalani | Mohammad Fadil Djailani
Ancaman COVID-19 Makin Mengkhawatirkan, Negara G20 Rapatkan Barisan
Menteri Keuangan Sri Mulyani mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT Luar Biasa G20 [ANTARA Foto].

Negara G20 mengajak lembaga internasional kerja sama tangani COVID-19, dan lindungi keselamatan pekerja bidang kesehatan.

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa ancaman pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19 tidak mengenal batas negara dan telah menimbulkan banyak korban manusia.

"COVID-19 tidak lagi hanya menjadi masalah kesehatan namun telah menjadi ancaman kemanusiaan, sosial, ekonomi dan keuangan dunia," kata Sri Mulyani usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan pimpinan G20 untuk membahas pandemi Coronavirus Disease melalui videoteleconference, Kamis malam (26/3/2020).

Dalam pertemuan itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia atau World Bank ini menjelaskan bahwa untuk memerangi pandemi COVID-19, Pemimpin G20 meminta lembaga internasional WHO, PBB, IMF dan World Bank bersama seluruh negara untuk melakukan kolaborasi dan kerja sama kebijakan, instrumen dan langkah penanganan COVID-19.

"Langkah penting meliputi kerja sama pencegahan penyebaran virus, melindungi pekerja di bidang kesehatan dan upaya menemukan vaksin secepat mungkin," ucapnya.

Selain itu juga menangani dampak sosial ekonomi dan ancaman stabilitas sistem keuangan, dengan fokus melindungi masyarakat terutama yang paling lemah dan usah kecil menengah.

"Kerjanya global perlu diperkuat dan dipererat untuk keberhasilan melawan ancaman COVID-19," tandas Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS