Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya di China, Ini Penggantinya

Iwan Supriyatna | Tivan Rahmat
Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya di China, Ini Penggantinya
Pendiri Alibaba Jack Ma. [Antara/Agung Rajasa]

Dalam beberapa tahun terakhir, pendiri Alibaba Jack Ma seakan 'berlangganan' menjadi orang terkaya di China.

Suara.com - Dalam beberapa tahun terakhir, pendiri Alibaba Jack Ma seakan 'berlangganan' menjadi orang terkaya di China. Namun tahun ini, posisi tersebut tak lagi disandangnya.

Pasalnya, orang terkaya di China saat ini dipegang oleh Ma Huateng, pendiri sekaligus pemimpin Tencent Holdings yang memproduksi sejumlah game populer, seperti Arena of Valor dan PUBG Mobile.

Berdasarkan data yang dirilis Forbes, Ma Huateng mengantongi kekayaan bersih 48,2 miliar dolar AS atau setara Rp 713 triliun, melampaui jumlah kekayaan Jack Ma yang mengantongi 41,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 609 triliun.

Pendapatan bos Tencent meroket lantaran pengguna game lansiran perusahaan melonjak drastis setelah dunia dilanda pandemi COVID-19.

Dalam laporan keuangan Q1 2020 yang dirilis Tencent, total pendapatan selama periode tersebut naik hingga 26% dari CNY 85,5 miliar (Rp 179 triliun) menjadi CNY 108,1 miliar (Rp 226 triliun).

Dari jumlah tersebut, Tencent menghasilkan laba bersih senilai CNY 29,4 miliar (Rp 61 triliun) atau naik sekitar 6% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Selain dipengaruhi oleh trafik pengguna game, kekayaan Ma Huateng bisa melebihi Jack Ma lantaran pendiri Alibaba itu sudah pensiun dan menanggalkan jabatannya sebagai pemimpin perusahaan. Alhasil, pundi-pundi keuangannya tidak meningkat drastis seperti tahun-tahun sebelumnya.

Seperti yang diketahui, Jack Ma kini lebih aktif untuk melakukan kegiatan kemanusiaan di berbagai belahan dunia, termasuk memberikan bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk menanggulangi penyebaran virus corona di Tanah Air.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS