alexametrics

Tiga Bank Syariah Digabung, Wapres: Asetnya Capai Rp390 Triliun Pada 2025

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Tiga Bank Syariah Digabung, Wapres: Asetnya Capai Rp390 Triliun Pada 2025
Wakil Presiden Maruf Amin (Dok. KIP Setwapres)

Upaya penggabungan itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi Indonesia dalam perekonomian syariah global.

Suara.com - Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan tiga bank syariah yakni Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah akan digabung atau merger. Upaya penggabungan itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi Indonesia dalam perekonomian syariah global.

Maruf mengatakan proses penggabungan itu dimulai dengan penandatanganan Conditional Merger Agreement/CMA. Rencananya merger tiga bank syariah itu akan beroperasi penuh pada Februari 2021.

"Salah satu langkah besar dalam rangka memperkuat kelembagaan keuangan syariah di dalam negeri dan dalam rangka meningkatkan partisipasi Indonesia dalam perekonomian syariah global," kata Maruf dalam acara Webinar Strategis Nasional; Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Indonesia, Sabtu (24/10/2020).

Maruf menjelaskan, dengan penggabungan ketiga bank milik BUMN tersebut maka nantinya bank syariah baru akan memiliki aset sekitar Rp225 triliun dengan 1.200 kantor cabang di tanah air. Lebih jauh, asetnya bisa mencapai Rp390 triliun pada 2025 sehingga mampu bersaing secara kompetitif di tingkat global.

Baca Juga: Wapres Maruf Ingin Indonesia Jadi Produsen Produk Halal Dunia Pada 2024

Upaya merger tersebut juga masuk ke dalam fokus Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yakni mengembangkan industri keuangan syariah.

Sebelumnya diberitakan, penandatanganan perjanjian merger bank syariah BUMN ini dilakukan pada Senin (12/10/2020) lalu. Sejumlah pihak menilai penggabungan bank syariah BUMN ini dapat memberikan dampak yang positif.

Pasalnya, selain memberikan kredit positif, penggabungan ini juga dinilai dapat membuat entitas bank yang digabungkan lebih leluasa dalam melakukan diversifikasi bauran pembiayaan dan sumber pendanaan kedepannya.

Lebih lanjut, pemegang saham tiga bank syariah BUMN juga telah mengumumkan skema merger PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah. Salah satunya adalah estimasi tanggal efektif merger bank syariah BUMN yang akan dimulai pada 1 Februari 2021 mendatang.

Selain itu, terdapat pula sejumlah fakta merger bank syariah BUMN yang lain. Berikut fakta-fakta merger Bank Syariah BUMN selengkapnya:

Baca Juga: Wapres Terlupakan? Ma'ruf Amin: Manusiawi, Saya Saja Sama Istri Suka Lupa

1. Nama dan Visi Bank

Komentar