alexametrics

Libur Panjang Natal dan Tahun Baru, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Libur Panjang Natal dan Tahun Baru, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
Ilustrasi mudik, perantau, pemudik, pendatang. [Shutterstock]

Pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dimanapun mereka berada demi menekan mata rantai penyebaran Covid-19.

Suara.com - Pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dimanapun mereka berada demi menekan mata rantai penyebaran Covid-19.

Salah satunya, pada momen liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2021.

Masa libur panjang seperti ini memang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian ke lokasi wisata dan berkumpul bersama keluarga.

Pakar kesehatan, Dirga Sakti Rambe, mengatakan, penularan Covid-19 ini terkait dengan mobilitas. Kalau memang terpaksa untuk melakukan perjalanan ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Satgas Soal Langkah Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

Misalnya, lanjut Dirga, sebisa mungkin kita berlibur dengan orang serumah, bukan dengan keluarga jauh apalagi dengan orang asing.

"Serta mematuhi protokol 3M di manapun kita berada, agar kita aman dan tidak terkena penyakit. Paling ideal memang liburan di rumah saja," ujar Dirga dalam sebuah Webinar yang ditulis, Senin (23/11/2020).

Dirga menambahkan, masyarakat agar memilih tempat rekreasi alternatif yang tidak berpotensi menciptakan kerumunan.

Kemudian, tutur dia, masyarakat disarankan mengunjungi tempat-tempat terbuka daripada tempat tertutup dengan durasi kunjungan yang tidak terlalu lama.

"Pastikan juga agar mendapat istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi terutama memperbanyak sayur dan buah, menghentikan kebiasaan merokok, juga menjaga kesehatan mental," pungkas dia.

Baca Juga: Ke Dokter Gigi Saat Pandemi, Ini Protokol Kesehatan yang Wajib Dipatuhi

Komentar