alexametrics

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Afiliasi? Simak Cara Kerja dan Manfaatnya

Rifan Aditya
Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Afiliasi? Simak Cara Kerja dan Manfaatnya
Ilustrasi bisnis - Apa yang dimaksud dengan bisnis afiliasi? (freepik)

Apa yang dimaksud dengan bisnis afiliasi? Simak penjelasan berikut ini.

Suara.com - Apa yang dimaksud dengan bisnis afiliasi? Sebenarnya bisnis afiliasi sudah lama dilakukan dan bukan baru-baru ini muncul. Namun Anda perlu tahu lebih banyak tentang bisnis afiliasi jika ingin terjun ke dalamnya, mulai dari cara kerja bisnis afiliasi hingga manfaatnya.  

Afiliasi merupakan metode bisnis yang berfungsi untuk menggambarkan hubungan bisnis di mana satu perusahaan memiliki hubungan dengan perusahaan, individu, atau agensi lainnya. Dalam hubungan afiliasi perusahaan induk akan memberikan suatu tugas kepada perusahaan merger, individu kolega, dan agensinya untuk menyukseskan tujuan marketing brand dan produk perusahaan.

Istilah afiliasi juga digunakan di sektor ritel. Satu perusahaan bisa berafiliasi dengan yang lain untuk menjual produk atau jasanya. Orang-orang, agensi, atau perusahaan kecil yang berafiliasi dengan perusahaan induk akan mendapatkan komisi dari keberhasilannya melakukan marketing untuk perusahaan induk.

Singkatnya, afiliasi merupakan proses di mana afilialiator akan mendapatkan komisi atas keberhasilanya memasarkan produk. Afiliator bisa seorang individu, agen, atau pun perusahaan.

Baca Juga: Bisnis Media Tertekan, MDIA Efisiensi Besar-besaran

Cara Kerja Pemasaran dan Bisnis Afiliasi

Pemasaran afiliasi bekerja dengan menyebarkan link pemasaran dan produk ke berbagai pihak melalui website, media sosial, dan liannya. Pemasaran afiliasi memanfaatkan kemampuan individu atau organisasi untuk meningkatkan keberhasilan pemasaran.

Ada tiga pihak utama yang terlibat dan dilibatkan dalam pemasaran afiliasi, antara lain:

  • Penjual dan pencipta produk.
  • Afiliator atau pengiklan.
  • Konsumen.

Bagaimana Affiliator Dibayar?

Pasti timbul pertanyaan lalu bagaimana seorang afiliator mendapatkan bayaran dari hasil kerjanya? Berikut ada tiga penjelasan mengenai pembayaran yang akan diterima seorang afiliator.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Digital untuk Pemula

1. Mendapatkan Bayaran per Penjualan

Komentar