alexametrics

Pembangunan Rusun untuk ASN di Yogyakarta Capai 92,41%

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Pembangunan Rusun untuk ASN di Yogyakarta Capai 92,41%
Progres pembangunan rusun ASN di Yogyakarta. (Dok: Kementerian PUPR)

Anggaran yang disediakan adalah sebanyak Rp52,960 miliar.

Suara.com - Pembangunan rumah susun (Rusun) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Yogyakarta telah mencapai 92,416 persen. Diperkirakan pekerjaan konstruksi bangunan rusun akan rampung akhir Juli 2021.

"Saat ini progres sudah mencapai realisasi sebesar 92,416 % dan harus selesai sebelum akhir Juli tahun ini,” tutur Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Mochamad Mulya Permana dalam keterangannya pada Mingu, (6/6/2021).

Kata Mulya, pembangunan rusun tersebut dapat berjalan dengan lancar berkat adanya sinergi yang baik juga antara Kementerian PUPR dan pemerintah daerah setempat.

Rusun yang rencananya diperuntukkan bagi ASN BBWS Serayu Opak Kementerian PUPR ini, terdiri dari 6 lantai dengan type-45. Anggaran yang disediakan adalah sebanyak Rp52,960 miliar.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bangun 15 Rusun untuk Dukung PON XX Papua 2021

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, pembangunan rusun bagi para ASN ini, untuk mendukung hunian yang layak bagi mereka. Makanya, rusun yang dibangun ini menggunakan material yang baik dan didesain sekelas apartemen.

"Jadi tidak hanya sekedar layak namun nyaman untuk dihuni," tuturnya saat meninjau pembangunan rumah susun di Yogyakarta siang kemarin.

Menurut Khalawi, pembangunan hunian vertikal ini selain sebagai sarana hunian bagi ASN, juga menepis stigma rumah dinas yang punya desain old-fashioned dan kurang nyaman untuk ditinggali.

Sementara itu, Kepala Satker Penyediaan Perumahan D.I. Yogyakarta, M. Arifman didampingi PPK Rumah Susun dan Rumah Khusus, Ahmad Fahmi mengungkapkan, pihaknya telah menerjunkan petugas dari Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi D.I. Yogyakarta untuk mendukung pelaksanaan pebangunan rusun ini.

"Program pembangunan Rusun ASN yang direncanakan selesai bulan Juli ini hanya tinggal menunggu proses finishing dan melengkapi meubelair nya saja," tutupnya.

Baca Juga: PUPR: Program Perumahan Pemerintah Butuh Dukungan Pemda dan Swasta

Komentar