alexametrics

Siap-siap! Menkeu Sri Mulyani Bakal Sunat Anggaran Daerah Rp5 Triliun

Agung Sandy Lesmana | Mohammad Fadil Djailani
Siap-siap! Menkeu Sri Mulyani Bakal Sunat Anggaran Daerah Rp5 Triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konfrensi pers virtualnya,  Senin (5/7/2021). [Suara.com/Muhammad Fadil Djailani]

Kami sedang mengidentifikasi sekitar Rp26 triliun dan lainnya Rp5 triliun dari TKDD."

Suara.com - Pemerintah berencana kembali melakukan realokasi dan refocusing anggaran untuk membiayai program pandemi Covid-19. Anggaran yang dipangkas kali ini adalah anggaran dari Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021.

Total anggaran yang berencana untuk di refocusing dan realokasi tahap III ini sebesar Rp31 triliun yang terdiri dari Kementerian dan Lembaga (K/L) sebesar Rp26 triliun dan TKDD sebesar Rp5 triliun.

“Kami sedang mengidentifikasi sekitar Rp26 triliun dan lainnya Rp5 triliun dari TKDD,” kata Sri Mulyani saat rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, di Jakarta, Senin (12/7/2021).

Saat ini kata dia proses realokasi dan refocusing sedang dilakukan dan diharapkan bisa selesai pada bulan ini, apalagi saat ini kebutuhan anggaran untuk menanggulangi pandemi terus meningkat.

Baca Juga: Bocoran Sri Mulyani : PPKM Darurat Bakal Diperpanjang 6 Minggu

“Kami akan menyelesaikan dalam bulan-bulan ini tentu dengan melihat perkembangan Covid-19," katanya.

Dia menyamapikan, sebelumnya pemerintah juga sudah pernah melakukan refocusing dan realokasi tahap pertama yakni pada Februari 2021 dari belanja K/L Rp59,1 triliun dan TKDD Rp 15 triliun.

Kemudian refocusing dan realokasi tahap kedua dilakukan atas komponen tunjuangan kinerja THR serta gaji ke-13 dalam belanja K/L sesuai PP Nomor 63 Tahun 2021 sebesar Rp 12,1 triliun. 

Komentar