alexametrics

5 Rekomendasi Usaha Sampingan, Cuma Modal Ponsel dan Kuota Internet

M Nurhadi
5 Rekomendasi Usaha Sampingan, Cuma Modal Ponsel dan Kuota Internet
Ilustrasi Bisnis Online

Bagi anda yang bekerja sebagai karyawan, PNS, atau pedagang kadang kali terpikirkan usaha sampingan tanpa modal.

Suara.com - Istilah side hustle atau pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama menjadi kian umum dilakukan. Karyawan akan cenderung memilih bisnis yang mudah, murah, dan fleksibel.

Bagi anda yang bekerja sebagai karyawan, PNS, atau pedagang kadang kali terpikirkan usaha sampingan tanpa modal.

Berikut lima ide bisnis sampingan modal kecil untuk karyawan yang bisa jadi sumber cuan.

1. Reseller atau Dropshiper Online

Baca Juga: Kirim Pesan ke Denny Cagur, Penggunaan Tata Bahasa Sang Asisten Bikin Tergelak

Menjadi reseller atau dropshiper merupakan bisnis yang cukup mudah dilakoni. Pasalnya anda tidak perlu memproduksi barang sendiri, namun cukup menjual barang yang disediakan oleh suplier. Barang yang dijual pun cukup bervariasi seperti pakaian, makanan beku, atau kebutuhan hewan peliharaan.

Anda bisa memulai bisnis online ini dengan membuat akun jualan di marketplace atau sosial media dan membubuhkan kontak yang bisa dihubungi. Kemudian berikan keterangan yang lengkap terkait produk yang dijual.

Prioritaskan respons yang cepat apabila ada calon pembeli. Anda bisa memanfaatkan jam istirahat kantor untuk melakukan pekerjaan ini. Selain mudah, berbisnis online juga tak membutuhkan modal besar.

2. Bumbu Siap Pakai

Kesibukan kerja membuat sebagian orang tak sempat lagi memikirkan menu makanan. Bagi anda yang hobi bereksperimen di dapur, menjual bumbu siap pakai bisa menjadi ladang penghasilan tambahan.

Baca Juga: Dalih Keamanan, Komnas HAM Siap Jemput Bola Gali Keterangan Korban Pelecehan di KPI

Ilustrasi: Bumbu dapur. (Shutterstock)
Ilustrasi: Bumbu dapur. (Shutterstock)

Tawarkan masakan-masakan yang unik seperti bumbu makanan daerah. Selain itu, bisnis bumbu siap pakai memiliki nilai tambah jika membuka layanan pemesanan sesuai permintaan pelanggan.

3. Jasa Desain Grafis

Desainer grafis menjadi jasa yang banyak dicari. Jasa ini bisa berperan dalam penyusunan konten media sosial atau pembuatan undangan pernikahan. Bagi anda yang memiliki keahlian ini, tak ada salahnya menerapkan sebagai side hustle. Walau modalnya kecil, keuntungan yang didapat sangat menjanjikan.

4. Sewa Barang

Penyewaan barang merupakan salah satu usaha sampingan karyawan yang juga banyak diminati. Anda bisa membuka usaha penyewaan apapun seperti kamera, perlengkapan camping, mainan anak, bahkan buku.

Untuk menghindari barang sewaan yang rusak, Anda bisa menerapkan sistem deposit terlebih dahulu. Anda akan memotong biaya perbaikan langsung dari deposit yang disetorkan oleh pengguna jasa rental.

5. Jasa Pembuatan Blog atau Website

Mendapatkan penghasilan dari internet bisa dilakukan siapa saja, termasuk lewat blog dan website. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang penghasilan bagi yang memiliki keahlian di bidang desain blog atau website. Usaha sampingan karyawan yang satu ini hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet yang memadai.

Tawarkan harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan dalam membuat desain. Jangan lupa untuk mempromosikan jasa pembuatan desain blog dan website melalui media sosial atau memasangnya dalam situs-situs freelancer.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Komentar