alexametrics

Kini Operasional KRL Bogor Jakarta Kota Lewat Jalur Layang Stasiun Manggarai

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Kini Operasional KRL Bogor Jakarta Kota Lewat Jalur Layang Stasiun Manggarai
Suasana di Jalur Layang Bogor Line Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu (26/9/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

KAI mulai mengoperasikan jalur layang di Stasiun Manggarai.

Suara.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mulai mengoperasikan jalur layang di Stasiun Manggarai, Jakarta. Jalur layan ini akan dioperasikan untuk Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Bogor-Jakarta Kota.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi adanya penyesuaian jalur KRL di Stasiun Manggarai.

Adapun, untuk peron (tempat menunggu kereta) KRL lintas Jakarta-Depok/Bogor atau sebaliknya sudah tidak lagi di bawah tetapi pindah ke lantai 2 Stasiun Manggarai.

Ia menjelaskan, di lantai 2 tersapat beberapa jalur. Untuk jalur nomor 10 dan 11 adalah untuk lintasan KRL yang menuju Jakarta Kota, sementara jalur nomor 12 dan 13 adalah untuk lintasan KRL menuju Depok-Bogor.

Baca Juga: Menhub Tinjau Langsung Jalur Layang Stasiun Manggarai

"Kami memohon kepada para penumpang komuter untuk bekerjasama menerapkan protokol kesehatan di dalam KRL. Jika sudah penuh, agar naik di waktu berikutnya karena penambahan jalur layang ini turut menambah jumlah perjalanan KRL secara signifikan," ujar Didiek dalam keterangannya, Senin (27/9/2021).

Didiek juga berharap agar perjalanan KRL Senin ini dapat berjalan lancar dan terkendali.

Proyek jalur layang ini merupakan bagian dari proyek pembangunan jalur double-double track/dwi ganda Manggarai - Cikarang yang dibangun secara terintegrasi untuk kereta komuter Jabodetabek maupun kereta api jarak jauh.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengumumkan, bahwa jalur layang Bogor line di Stasiun Manggarai diperbolehkan beroperasi.

"Sesuai rencana, malam ini akan dilakukan kegiatan switch over 4, yaitu pemindahan jalur KRL Bogor Line yang tadinya di bawah (at grade), akan dipindah ke jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai 2," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus Gagok dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, mengutip dari Antara.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Pengguna KRL Bogor Gunakan Jalur Layang Lantai 2 di Stasiun Manggarai

Rode Paulus mengatakan, pembangunan Jalur Layang Bogor Line ini merupakan bagian dari Pengembangan Stasiun Manggarai dalam kerangka pembangunan Jalur Dwi Ganda Manggarai-Cikarang.

Saat dioperasikan, jalur layang Bogor Line ini dapat diakses dengan escalator dan lift difabel serta tangga manual yang sudah dibangun.

Selain itu, bagi penumpang yang akan menggunakan KRL, bisa mengakses peron melalui Pintu Barat Stasiun, tepatnya ke arah Pasaraya Manggarai.

Komentar