alexametrics

Stok Bahan Bakar Nasional Turun, Harga Minyak Dunia Langsung Naik

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Stok Bahan Bakar Nasional Turun, Harga Minyak Dunia Langsung Naik
Ilustrasi harga minyak dunia [Shutterstock]

Harga minyak dunia menguat pada perdagangan Rabu.

Suara.com - Harga minyak dunia menguat pada perdagangan Rabu, setelah persediaan minyak mentah Amerika di tempat penyimpanan terbesar negara itu mencapai level terendah dalam tiga tahun, dan stok bahan bakar nasional turun tajam.

Mengutip CNBC, Kamis (21/10/2021) minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, ditutup naik 74 sen atau 0,9 persen menjadi USD85,82 per barel, level tertinggi sejak Oktober 2018.

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman November, yang berakhir Rabu, melonjak 91 sen atau 1,1 persen menjadi USD83,87 per barel.

Kontrak WTI yang lebih aktif untuk Desember ditutup melesat 98 sen menjadi USD83,42 per barel.

Baca Juga: 5 Teknik Menghemat Bahan Bakar Mobil: Sederhana dan Ampuh Mencegah Kantong Jebol

Harga minyak mentah meningkat karena pasokan semakin ketat, dengan Organisasi Negara Eksportir Minyak mempertahankan peningkatan pasokan yang lambat ketimbang intervensi untuk menambah lebih banyak barel ke pasar. Selain itu, permintaan Amerika juga meningkat.

Secara global, penyulingan meningkatkan produksi berkat margin yang tinggi, yang hanya dapat dikendalikan dengan maintenance . Penggunaan kapasitas penyulingan Amerika turun dalam minggu terakhir, tetapi analis mencatat pasokan dapat terus mengetat jika penyuling Amerika juga meningkatkan pemrosesan lagi.

Stok minyak mentah AS turun 431.000 barel dalam minggu terakhir, tutur Badan Informasi Energi, dibandingkan ekspektasi untuk peningkatan, dan persediaan bensin anjlok lebih dari 5 juta barel setelah perusahaan penyulingan memotong pemrosesan karena pemeliharaan.

Stok AS di pusat pengiriman Cushing, Oklahoma, mencapai level terendah sejak Oktober 2018. Stok bensin sekarang berada di level terendah sejak November 2019, kata EIA, sementara stok produk distilasi jatuh ke tingkat yang tidak terlihat sejak awal 2020.

Harga minyak juga terangkat lonjakan harga gas alam dan batu bara di seluruh dunia sebagai antisipasi bahwa pembangkit listrik dapat beralih ke minyak untuk menyediakan listrik.

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Bumi dari Bahan Bakar hingga Sumber Energi

Komentar