alexametrics

4 Manfaat Minyak Bumi dari Bahan Bakar hingga Sumber Energi

Rifan Aditya
4 Manfaat Minyak Bumi dari Bahan Bakar hingga Sumber Energi
manfaat minyak bumi

Berikut manfaat minyak bumi yang mungkin belum Anda ketahui.

Suara.com - Minyak bumi adalah bahan bakar fosil yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sebagai sumber energi, produk ini diperoleh dari tanah sebagai campuran hidrokarbon cair, padat, dan gas. Berikut adalah beberapa manfaat minyak bumi untuk kelangsungan hidup manusia di bumi. 

1. Dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan

Salah satu manfaat minyak bumi yang utama adalah dapat menjadi bahan bakar kendaraan apapun. Entah itu mesin diesel atau bensin, semuanya membutuhkan minyak bumi.

Mobil yang menggunakan minyak bumi sebagai sumber energi dapat melakukan perjalanan lebih cepat dan menempuh jarak yang lebih jauh. Oleh karena itu, penggunaan minyak bumi cukup menguntungkan karena memenuhi kebutuhan kita untuk dengan cepat menyelesaikan sesuatu dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Baca Juga: 5 Manfaat Batu bara untuk Kehidupan Sehari-hari

2. Sumber daya energi yang stabil dan handal

Dikutip dari greencoast.org, Industri perminyakan adalah bidang yang telah ada sejak abad ke-40 SM dan telah berkembang seiring berjalannya waktu. Namun demikian, satu hal yang tetap konstan adalah kegunaan dan kehandalannya dibandingkan dengan sumber energi alternatif, seperti matahari dan angin.

Dengan minyak bumi, hasil yang dapat dicapai mudah diprediksi, tak seperti matahari dan angin yang masih sangat sulit untuk diprediksi. 

3. Minyak bumi mudah diekstraksi dan biayanya rendah

Dengan evolusi di sekitar industri perminyakan, teknologi saat ini yang digunakan untuk mengekstraksi minyak di bawah permukaan bumi cukup maju.

Baca Juga: Pertamina Bongkar Aksi Penimbunan BBM Solar Subsidi di Jateng

Mesin yang digunakan serta teknik yang canggih telah dikembangkan, yang membuat proses ekstraksi berjalan lebih mudah. Kondisi geologi dan medan tidak menjadi penghalang karena beberapa sumur minyak dibor di laut. Teknologi kilang minyak bumi juga telah membuat beberapa langkah besar sehingga membuat proses kilang cukup mudah.

Komentar