alexametrics

5 Ide Usaha Minyak Goreng Bekas, Langsung Cuan Puluhan Juta Sebulan!

M Nurhadi
5 Ide Usaha Minyak Goreng Bekas, Langsung Cuan Puluhan Juta Sebulan!
Ilustrasi minyak goreng (Shutterstock).

Lima ide usaha memanfaatkan minyak goreng bekas ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Suara.com - Minyak goreng bekas menjadi sampah rumah tangga yang tidak bisa dihindari. Terkadang, minyak goreng ini juga dipakai terus-menerus tanpa peduli faktor kesehatan.

Lima ide usaha memanfaatkan minyak goreng bekas ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Sabun Cuci Piring

Berbagai merek sabun cuci piring atau peralatan dapur dibuat dari minyak jelantah. Sayangnya sabun jenis ini tidak dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tubuh manusia. Minyak jelantah dapat digunakan sebagai bahan baku sabun cuci lantaran diolah dengan campuran beragam bahan kimia.

Baca Juga: Awas, Pakai Minyak Goreng Bekas Bisa Picu Berbagai Masalah Kesehatan

Untuk bisa diubah menjadi sabun cuci, minyak jelantah harus diolah dengan bahan kimia lain, seperti NaOH, cuka apel, fragrance oil, dan air. Campuran bahan tersebut kemudian dicetak dan didiamkan selama 12 jam hingga menjadi padat.

2. Pembersih Lantai

Siapa sangka minyak jelantah bisa dimanfaatkan sebagai pembersih lantai pengganti karbol. Untuk mengolah minyak jelantah menjadi pembersih lantai dibutuhkan NaOH, arpus sebagai desinfektan, hydroxyethyl cellulose untuk mengentalkan, dan sodium lauryl sulfate untuk mengangkat kotoran. Langkah awalnya adalah dengan menjernihkan minyak jelantah terlebih dahulu kemudian mengubahnya mengubahnya menjadi karbol.

3. Aromaterapi

Berbagai aromaterapi yang beredar di pasaran ternyata dibuat dari minyak jelantah. Sebelum dibuat minyak aromaterapi, minyak jelantah perlu dimurnikan terlebih dahulu. Minyak jelantah tersebut dimurnikan dengan mengolahnya bersama tebu selama dua hari. Minyak jelantah kemudian dicampur dengan essence sesuai dengan aroma yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Bisnis Online di Rumah Selama PPKM Darurat dan Kelebihannya

4. Bahan Tambahan Pupuk

Komentar