alexametrics

Kinerja Melonjak, Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Masuk MSCI Small Cap Index

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Kinerja Melonjak, Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Masuk MSCI Small Cap Index
Dewan Komisaris dan Direksi PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. [Dok SSS]

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) menyatakan perseroaan masuk ke dalam daftar Morgan Stanley Capital International atau MSCI Inc mengumumkan Small Cap Index.

Suara.com - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) menyatakan perseroaan masuk ke dalam daftar Morgan Stanley Capital International atau MSCI Inc mengumumkan Small Cap Index. 

Adapun, daftar indeks tersebut merupakan salah satu acuan melihat saham-saham unggulan yang menjadi pilihan investasi.

Seperti dikutip dalam keterbukaan informasi, masuknya perseroan dalam indeks tersebut berkat kinerja yang bisa dibilang sangat positif hingga sembilan bulan pertama tahun 2021.

Pada kuartal III saja, SSMS mencatatkan laba bersih melonjak hingga 286,38 persen jadi Rp 1,03 triliun di kuartal III-2021.

Baca Juga: 9 Emiten Saham Ini Masuk MSCI Small Cap Index List, Bisa Jadi Pilihan Investasi

"Pendapatan per 30 September sebesar Rp 3,68 triliun atau naik 35 persen dari sebelumnya Rp 2,73 triliun secara yoy. Bahkan SSMS berhasil catatkan pendapatan usaha lain netto senilai Rp 24,27 miliar, dimana posisi ini pada sebelumnya dicatatkan beban usaha senilai Rp 169,16 miliar," tulis manajemen.

SSMS juga berhasil membukukan laba dari entitas asosiasi Rp 19,58 miliar. Pendapatan keuangan di sembilan bulan pertama tahun 2021 melonjak sangat signifikan jadi Rp 505,57 miliar atau 128 persen dari pendapatan keuangan sebelumnya Rp222,04 miliar.

Posisi aset SSMS per 30 September tercatat senilai Rp 13,39 triliun atau mengalami pertumbuhan 5 persen dari akhir tahun 2020 sebesar Rp 12,77 triliun. 

Pertumbuhan itu disebabkan oleh ekuitas yang naik 16 persen jadi Rp 5,64 triliun dari sebelumnya Rp 4,87 triliun di periode 31 Desember 2020. Adapun total liabilitas sebesar Rp 7,75 triliun atau turun 2 persen dari Rp 7,90 triliun.

Penambahan sembilan saham baru dari Bursa Efek Indonesia ke MSCI Global Small Cap Indexes dinilai dapat membuatnya masuk ke dalam radar investor global. 

Baca Juga: Laba Sawit Sumbermas Naik 286,38 Persen Dalam Setahun

MSCI Small Cap Indonesia Indeks sendiri menggunakan enam faktor yang secara ekstensif diteliti di literatur akademis dan divalidasi oleh tim riset MSCI sebagai kunci penggerak risk and reward sebuah saham.

Komentar