alexametrics

Manfaatkan Insentif PPN 100%, Karena April 2022 Akan Naik

Iwan Supriyatna
Manfaatkan Insentif PPN 100%, Karena April 2022 Akan Naik
Investasi properti. (Shutterstock)

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memudahkan dan tidak memberatkan pengeluaran masyarakat saat membeli rumah.

Suara.com - Masa pandemi Covid-19 membuat masyarakat lebih selektif dalam memilih hunian yang tepat. Hal tersebut dipengaruhi oleh keadaan yang menuntut masyarakat harus bisa bekerja dari rumah, apalagi pandemi belum tahu kapan akan berakhir.

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memudahkan dan tidak memberatkan pengeluaran masyarakat saat membeli rumah. Kebijakan tersebut yakni pemberian insentif PPN 100% untuk rumah tapak siap huni. Kebijakan ini tertulis dalam Peraturan Menteri keuangan (PMK) No. 103/PMK/010/2021 dan berlaku sampai Desember 2021.

Pemberian Insentif sebesar 100% dari PPN yang terutang atas penyerahan rumah tapak atau unit hunian rumah susun dengan harga jual paling tinggi Rp 2 miliar.

Insentif sebesar 50% dari PPN yang terutang diberikan atas penyerahan rumah tapak atau unit hunian rumah susun dengan harga jual di atas Rp 2 miliar sampai dengan Rp 5 miliar.

Baca Juga: Waduh! Ada Bantuan Rumah Tidak Layak Huni Salah Sasaran di Kota Solo, Buat Bangun Lantai 2

Bersamaan dengan pemberian Insentif PPN dari pemerintah, PT. Putra Windu Trijaya selaku developer dari Visenda Residence juga memberikan promo besar-besaran tahun ini.

“Selain potongan PPN 100%, kami juga memberikan subsidi DP hingga Rp 200 juta yang berarti DP-nya 0 rupiah. Lalu kami menyediakan subsidi biaya KPR sebesar Rp 15 juta. Kalau ditotalkan maka dengan promo kali ini Anda bisa menghemat hingga Rp 300 juta,” ujar Kevin Christ Wirawan, Marketing Manager Visenda Residence dalam keterangannya, Jumat (26/11/2021).

Beli rumah tahun ini menjadi investasi menjanjikan dikarenakan nilai properti akan meningkat. Hal tersebut didukung dengan pemulihan tingkat perekonomian Indonesia tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Kestabilan ekonomi ini nantinya meningkatkan pergerakan usaha serta nilai properti. Terbukti dari keputusan pemerintah yang akan menaikkan tarif PPN menjadi 11% yang berlaku April 2022.

"Sebenarnya tahun ini momentum terbaik untuk beli rumah karena hanya tahun ini Anda bisa mendapatkan insentif PPN, DP 0 rupiah, subsidi biaya KPR dan masih dapat suku bunga terendah dari Bank. Selain itu kan tahun depan tarif PPN akan naik menjadi 11%, maka biaya membeli rumah akan bertambah juga," ujarnya.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Jombang Rusak Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

Visenda Residence hadir menjadi solusi hunian masa kini. Hunian modern minimalis berkonsep Eco Green yang cocok menjadi hunian masa kini. Rumah dirancang dengan memaksimalkan fungsi ruang sehingga setiap sisi-nya bermanfaat. Desain rumah memperhatikan penghematan energi dengan mengatur pencahayaan matahari dan sirkulasi udara.

Komentar