alexametrics

Gaji Desainer Grafis: Kisaran Untuk Pemula Hingga yang Berpengalaman

M Nurhadi
Gaji Desainer Grafis: Kisaran Untuk Pemula Hingga yang Berpengalaman
Ilustrasi (Unsplash)

Gaji desainer grafis juga masih tergantung pada tempatnya bekerja atau kota tempat tinggal. Gaji tertinggi untuk desainer grafis ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya

Suara.com - Berdasarkan sejumlah survei, gaji desainer grafis pemula rata-rata ada di kisaran Rp3,7 juta per bulan. Gaji ini bisa naik menjadi Rp5-6 juta per bulan seiring dengan pengalaman.

Gaji desainer grafis juga masih tergantung pada tempatnya bekerja atau kota tempat tinggal. Gaji tertinggi untuk desainer grafis ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan kisaran Rp4,5 juta. Gaji lebih rendah didapatkan di wilayah Surabaya dan Sidoarjo dengan kisaran Rp3,5 juta dan Denpasar yang berkisar Rp2,9 juta.

Dengan kemajuan teknologi pada era ini, pekerjaan desainer grafis menjadi salah satu yang paling dilirik pasar. Gaji desainer grafis juga tak kalah bersaing dengan industri-industri lain.

Desainer grafis dibutuhkan di semua industri, terutama untuk mengeloa desain media sosial sebagai sarana pemasaran. Di samping itu, industri startup yang berbasis teknologi  juga memerlukan keahlian seorang desainer grafis untuk mengelola tampilan websitenya.

Baca Juga: Sekda Meranti Sepakat Naikan Gaji Honorer Rp1 Juta Tahun Depan

Sebagai informasi, pekerjaan desainer grafis biasanya digeluti oleh mereka yang berlatar pendidikan Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual. Desainer grafis juga dituntut memiliki keahlian menguasai software desain antara lain Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, dan Indesign. Dunia desain grafis juga adalah salah satu pekerjaan yang bertransformasi dengan cepat mengikuti perkembangan zaman.

Secara umum desainer grafis bekerja untuk menciptakan ilustrasi, tipografi, dan motion graphic untuk media-media elektronik maupun cetak.

Profesi ini bertanggung jawab atas tampilan pada media promosi suatu produk. Desain yang dibuat seorang graphic desainer harus memuat informasi mengenai suatu produk secara menarik dan mampu mengakomodasi keinginan klien. Dalam proses kerjanya, seorang graphic desainer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, di mana dia mampu menjelaskan perspektif desain kepada klien yang lebih awam.

Graphic designer juga berperan dalam memecahkan masalah yang timbul di lingkup tertentu lewat iklan layanan masyarakat. Menjadi seorang graphic designer tidak harus jago menggambar, tapi disarankan untuk memiliki kemampuan dasar menggambar yang berguna untuk menyusun storyboard sebelum idenya dieksekusi ke dalam bentuk grafis yang lebih matang.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Baca Juga: Pria Lulusan SD Cari Kerja Gaji Segini Tapi Tak Mau Diatur, Syaratnya Disorot

Komentar