alexametrics

Pengertian Kegiatan Usaha Bidang Jasa dan Contoh Dalam Kehidupan Sehari-hari

M Nurhadi
Pengertian Kegiatan Usaha Bidang Jasa dan Contoh Dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi

Kegiatan usaha bidang jasa yang bisa dilakukan meliputi beragam sektor antara lain teknologi informasi, kesehatan, pendidikan, serta pelayanan sosial dan pemerintahan.

Suara.com - Dalam membangun sebuah usaha, kegiatan penjualannya secara umum dibedakan menjadi dua yakni usaha di bidang barang dan usaha di bidang jasa. Kegiatan usaha di bidang jasa dilakukan untuk menunjang kebutuhan manusia yang berwujud non-barang.

Kegiatan ini lebih banyak bersifat pelayanan. Kegiatan usaha bidang jasa adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan dengan memberikan pelayanan. Karyawan dalam industri jasa juga berhak memperoleh upah setelah mereka melakukan pelayanan.

Kegiatan usaha bidang jasa yang bisa dilakukan meliputi beragam sektor antara lain teknologi informasi, kesehatan, pendidikan, serta pelayanan sosial dan pemerintahan. Jasa juga bisa dijual lewat industri hiburan, transpertasi, film, musik, dan perbankan.

Jika melihat contoh di atas, jasa sepertinya bisa dilakukan setelah berbentuk industri besar. Namun, jangan salah industri jasa juga bisa dibangun dari skala rumahan. Berikut contoh-contohnya.

Baca Juga: 106 Daftar Pinjaman Online Resmi Berizin OJK, Awas Ada yang Mirip!

1. Asisten Rumah Tangga

Asisten rumah tangga merupakan contoh kegiatan usaha jasa yang masih dicari oleh banyak keluarga, terutama di wilayah perkotaan. Hal ini umumnya karena keluarga memiliki kegiatan yang padat sehingga tidak memiliki waktu membersihkan rumah. Selain itu, jasa asisten rumah tangga juga bisa dicari melalui platform online dengan bayaran per jam.

2. Montir Bengkel

Perbengkelan merupakan contoh kegiatan usaha di bidang jasa karena dalam kegiatan usaha ini disediakan jasa montir untuk memperbaiki kendaraan, seperti menambal ban yang bocor dan memperbaiki mesin mobil. Untuk membuka jasa perbengkelan, mortir juga dibekali keahlian khusus sebelum bisa membuka jasanya.

3. Pengajar Kursus

Baca Juga: Cucu Usaha Pelindo Ini Terus Lakukan Inovasi Dalam Proses Bisnis

Contoh kegiatan usaha jasa lainnya adalah menjadi pengajar kursus yang berorientasi pada tenaga trampil. Jasa kursus ini bisa dibuka baik secara online atau offline. Ada banyak pilihan kursus mulai dari menjahit, memasak, bahasa Inggris, dan kursus musik. Pekerjaan pengajar kursus juga bisa dilakukan secara mandiri tanpa terikat perusahaan.  

Komentar