alexametrics

Luhut Kesal Turis Asing yang Datang ke Indonesia Jajannya Dikit

Dwi Bowo Raharjo | Mohammad Fadil Djailani
Luhut Kesal Turis Asing yang Datang ke Indonesia Jajannya Dikit
Luhut Binsar pada kunjungannya saat meninjau hutan Mangrove di Denpasar, Bali, Kamis (25/11/2021),

Pengeluaran turis per malam Indonesia ini menunjukkan kita paling rendah dengan Malaysia.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan merasa heran dengan turis mancanegara yang datang ke Indonesia, pasalnya pengeluaran jajan mereka di tanah air terbilang kecil dibandingkan dengan negara lain.

"Data 2018 memperlihatkan pengeluaran turis per malam Indonesia ini menunjukkan kita paling rendah dengan Malaysia. Kita masih rendah Jepang dan seterusnya," kata Luhut dalam konfrensi pers virtual 5 DPSP, Rabu (1/12/2021).

Luhut mencontohkan pengeluaran turis asing yang berwisata di Pulau Bali hanya mengeluarkan uang rata-rata mencapai USD125 per malamnya, bandingkan dengan turis asing yang datang ke Malaysia yang bisa mengeluarkan uang rata-rata mencapai USD145 per malamnya.

Sementara itu, pengeluaran turis di Osaka Jepang satu malam sebesar USD223. Bahkan, di negara tetangga Singapura pengeluaran turis mancanegara menembus USD272 per malam.

Baca Juga: Luhut Bilang Tak Perlu Panik soal Varian Omicron, Fadli Zon Singgung Karantina

Oleh karena itu, Luhut pun meminta adanya perubahan strategi bisnis dalam sektor pariwisata, selama ini kata dia, Indonesia hanya berfokus bagaimana mendatangkan turis asing sebanyak-banyaknya, namun tidak memikirkan bagaimana membuat konsep berwisata yang berkualitas.

"Kita harus bisa yang berkualitas, wisatawan berpengeluaran tinggi lebih diutamakan dibandingkan jumlah wisatawan pengeluaran rendah," pungkasnya.

Komentar