facebook

Kementerian PUPR Kukuhkan APPJAKI sebagai Organisasi Profesi

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Kementerian PUPR Kukuhkan APPJAKI sebagai Organisasi Profesi
Pengukuhan Asosiasi Pejabat Fungsional Pembina Jasa Konstruksi (APPJAKI) sebagai organisasi oleh Kementerian PUPR di Auditorium Kementerian PUPR pada Selasa, (28/12/2021). (Restu Fadilah/Suara.com)

Anggota dan pengurus APPJAKI tidak hanya berasal dari Kementerian PUPR.

Suara.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengukuhkan Asosiasi Pejabat Fungsional Pembina Jasa Konstruksi (APPJAKI) sebagai nama organisasi profesi jabatan. Pengukuhan dilakukan di Auditorium, Kementerian PUPR, Jakarta Selatan pada Selasa, (28/12/2021).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, M Zainal mengatakan, pembentukan APPJAKI sangatlah penting bagaikan urat nadi di dalam tubuh. Sebab, tidak mungkin infrastruktur dibangun tanpa ditopang oleh pilar pembina.

"Oleh karena itu, besar harapan dengan adanya para pembina jasa konstruksi ini dapat memberikan dukungan terhadap pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya konstruksi, seperti ketersediaan tenaga konstruksi yang kompeten, serta peningkatan tertib penyelenggaraan jasa konstruksi," tutur M Zainal dalam acara pengukuhan di Auditorium Kementerian PUPR pada Selasa, (28/12/2021).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, M Zainal. (Restu Fadilah/Suara.com)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, M Zainal. (Restu Fadilah/Suara.com)

Menurut Zainal, dengan sumber daya konstruksi yang andal, kualitas pembangunan infrastruktur lebih optimal dan menjadikan industri jasa konstruksi mandiri, profesional dan bertanggungjawab.

Baca Juga: Tak Sekadar Wujudkan Sarana Air Minum, Ini Sejumlah Dampak Positif Pamsimas

Sebelumnya, dalam rangka mempersiapkan pembentukan organisasi ini telah dibentuk tim pelaksana yang bertugas untuk melakukan perencanaan dan persiapan pembentukan organisasi profesi, finalisasi organisasi profesi jabatan fungsional pembina jasa konstruksi. Kemudian dilanjutkan dengan musyawarah nasional pemilihan pengurusan organisasi, sehingga pada bulan Oktober 2021 terbentuk Tim Formatur yang bertugas mempersiapkan pelaksanaan kongres pembentukan organisasi profesi dengan agenda penetapan nama organisasi, penetapan ketua umum, pembahasan dan penetapan anggaran dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART), pembahasan dan penetapan struktur organisasi, pembahasan dan penetapan kode etik dan kode perilaku organisasi, serta pemilihan dan penetapan pengurus organisasi oleh ketua umum.

Berdasarkan hasil kongres yang dilaksanakan pada 23 November 2021 lalu, terpilih Asosiasi Pejabat Fungsional Pembina Jasa Konstruksi (APPJAKI) sebagai nama organisasi. Dengan susunan pengurus sebagai berikut: Ir. Trisasongko Widianto, Dipl.HE sebagai Ketua Umum APPJAKI ; Ir. Yaya Supriyatna Sumadinata, M.Eng sebagai Sekretaris ; Ir. Netti Malemma, M.M sebagai Bendahara ; Dr. Ir. Poltak Sibuea, M.Eng. Sc sebagai Ketua Bidang Etika Profesi ; Ir. Mochammad Natsir, M.Sc sebagai Ketua Bidang Pengembangan Kompetensi ; Dra. Affuanie Harahap, M.M sebagai Ketua Bidang Kemitraan dan Advokasi ; dan Meylina D. Hasbullah, S.T., M.M sebagai Ketua Bidang Humas dan Publikasi.

"Anggota dan pengurus asosiasi ini bukan hanya dari kementerian PUPR, tapi dari seluruh Kementerian/Lembaga yang memiliki tugas kontsruksi," lugasnya.

Komentar