facebook

5 Keuntungan Menggunakan Bank Digital

Fabiola Febrinastri
5 Keuntungan Menggunakan Bank Digital
Ilustrasi transaksi online (pixabay)

Layanan bank digital cukup lengkap dan tidak jauh berbeda dengan bank konvensional pada umumnya.

Suara.com - Saat ini masyarakat lebih dimudahkan untuk mengelola keuangan mereka dengan kehadiran bank digital. Melalui layanan ini, nasabah bisa melakukan kegiatan perbankan secara online dengan cepat dan mudah. Melansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bank digital adalah bank berbadan hukum Indonesia yang memberikan serta menjalankan kegiatan usaha utamanya dengan menggunakan saluran elektronik.

Instansi yang dianggap sebagai bank digital jika ada layanan perbankan yang menempel pada bangk induk yaitu bank konvensional. Instansi yang tidak memiliki bank induk tidak bisa disebut sebagai Bank digital melainkan Neobank. Salah satu bank digital yang memiliki bank induk yang jelas adalah Senyumku: Bank Digital & Deposito.

Keuntungan Memakai Layanan Bank Digital
Bank digital biasanya dilengkapi dengan fitur yang memudahkan nasabah dalam mengakses semua kegiatan finansial. Mulai cek sisa saldo rekening sampai investasi untuk masa depan pun bisa dilakukan di smartphone.

Layanan bank digital cukup lengkap dan tidak jauh berbeda dengan bank konvensional pada umumnya. Agar lebih jelas, inilah berbagai keunggulan dari bank digital:
1. Fleksibel dan Praktis
Fleksibel disini mengarah pada waktu dan tempat penggunaan bank digital. Segala macam layanan finansial bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja oleh nasabah tanpa perlu repot ke kantor cabang salah satu bank. Umumnya setiap kegiatan finansial dilakukan melalui aplikasi ponsel dengan menggunakan koneksi internet. Cukup membuka aplikasinya dan memilih opsi menu sesuai kebutuhan, transaksi apa saja bisa cepat diselesaikan.

Baca Juga: Bank Digital, Revolusi Keuangan atau Latah Semata?

2. Hemat Biaya Admin
Meskipun hanya menggunakan aplikasi, hampir semua layanan perbankan bisa diakses. Hal tersebut menjadikan biaya operasional jadi lebih hemat untuk pihak bank. Bagi nasabah sendiri, biaya administrasinya juga lebih murah bahkan ada yang memberikan layanan bebas biaya untuk melakukan transfer.

3. Bunga Lebih Besar
Bank digital memiliki bunga yang lebih tinggi daripada bank konvensional. Biasanya bunga ini sendiri ditawarkan pada produk deposito. Bunga mencapai 4% untuk bank digital, dimana lebih tinggi 1% daripada bank konvensional.

4. Adanya Layanan 24/7
Aplikasi bisa diakses tanpa batas atau layanan di dalamnya bisa digunakan kapan saja dibutuhkan. Dalam waktu 24 non stop, pengguna bisa menggunakan segala macam layanan yang tersedia di aplikasi bank digital. Asalkan ada koneksi internet, transaksi apa saja bisa diselesaikan dengan cepat melalui bank digital.

5. Terdapat Reward Hingga Promo
Sampai saat ini, kehadiran bank digital memang masih termasuk bisnis perbankan yang baru. Salah satu strategi untuk bisa mendapatkan banyak nasabah adalah dengan memberikan beragam rewards serta promo khusus pada setiap transaksi. Bisa berupa cashback, poin yang bisa ditukarkan dengan voucher diskon, dan masih banyak lagi.

Itulah berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan bank digital. Melihat berbagai manfaat tersebut, tentu bisa menjadi solusi bagi para generasi Z untuk bisa lebih rajin menabung. Apalagi bank digital seperti Senyumku memiliki beragam fitur dan layanan yang sangat menarik. Beberapa fitur yang bisa dinikmati adalah fitur Celengan Senyumku, Auto Categorization, Spending Alert, Spending Meter, Monthly Spending, dan Daily Digest.

Baca Juga: Kehadiran Bank Digital Memicu Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Berbagai fitur tersebut tentu tidak hanya memudahkan Anda dalam menabung namun juga mengelola keuangan dengan lebih cermat, rapi, dan efisien. Cara pembukaan rekening di Senyumku juga sangat mudah yaitu hanya dengan syarat WNI (Warga Negara Indonesia), sudah berusia 17 tahun, dan memiliki KTP.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar