facebook

Total Hadiah Liga Champions, Europa League dan UECL, Mana yang Paling Besar?

M Nurhadi
Total Hadiah Liga Champions, Europa League dan UECL, Mana yang Paling Besar?
Ilustrasi

Hadiah hingga mencapai triliunan rupiah menanti juara Liga Champion musim 2021-2022 tahun ini.

Suara.com - Kompetisi sepak bola di Eropa menjadi pusat perhatian pecinta sepak bola di seluruh dunia. Selain unjuk kemampuan, hadiah kompetisi ini juga menggiurkan. Berapa Total Hadiah Liga Champions, Europa League dan UECL, mana paling besar?

Liga Champions (UCL)

Liga Champions merupakan kompetisi antarklub di Eropa. Liga Champions musim 2021-2022 telah menyelesaikan fase semi final. Ada empat tim dari dua negara berbeda yang berhasil sampai di babak ini, yakni Liverpool dan Manchester City dari Inggris serta Real Madrid dan Villareal dari Spanyol. Di final Real Madrid akan berhadapan dengan Liverpool di Paris pada 28 Mei 2022 mendatang. 

Hadiah bagi pemenang di Liga Champion dihitung berdasarkan performa klub. Setiap kemenangan mulai dari fase 16 besar hingga final berhak memperoleh hadiah uang tunai dengan jumlah yang berbeda-beda. Jika klub tersebut diasumsikan meraih juara Liga Champion tanpa pernah kalah atau seri satu kali pun, hadiahnya bisa mencapai Rp1,08 triliun. Sementera klub yang hanya kalah di babak final tanpa seri sejak penyisihan klub bisa mengantongi Rp750 miliar. 

Baca Juga: 5 Hits Bola: Timnas Indonesia U-23 Tanpa Dua Pemain Kunci Hadapi Vietnam di SEA Games 2021

UEFA Europa League (UEL)

Sama seperti Liga Champion, Badan Sepak Bola Eropa juga mengubah sistem hadiah di Europa Leaguange menjadi lebih adil. Setiap tim yang berpartisipasi dalam kompetisi dipastikan sudah memperoleh 2,92 juta euro. Jika meraih kemenangan dalam penyisihan ada uang tambahan senilai 190 juta poundsterling.

Tim yang masuk ke babak 32 besar akan mendapatkan tambahan 500.000 poundsterling. Pada kompetisi 2021, klub Spanyol Villarrreal yang menjadi pemenang meraup 30,6 juta euro atau Rp533 miliar. Hadiah ini termasuk 8,5 juta euro bagi pemenang partai final, serta tambahan 3 juta euro untuk koefisien peringkat dan tambahan 3,5 juta euro agar tim ini bersedia tampil di Piala Super Eropa tahun berikutnya. 

UEFA Europa Conference League (UECL)

Kompetisi kasta ketiga di Eropa ini menawarkan hadiah cukup menggiurkan bagi peserta meski tak sebanyak dua liga sebelumnya. Apalagi tim pemenang UECL akan tampil di Liga Eropa musim berikutnya. Pemenang UECL berhak mendapatkan 5 Juta euro. Sementara itu, runner-up akan memperoleh 3 juta euro dan masing-masing semi finalis mendapatkan 2 juta euro.

Baca Juga: Manchester City Gugur di Liga Champions, Pep Guardiola Kena Kutukan Dukun Afrika?

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Komentar