facebook

Mulai Bisnis Online Setelah Lebaran? Cek Ide dan Tips Berikut

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Mulai Bisnis Online Setelah Lebaran? Cek Ide dan Tips Berikut
Ilustrasi menjadi seorang pebisnis. (Istimewa)

Kamu bisa menjadi seorang reseller.

Suara.com - Tidak ada kata terlambat untuk menjalankan sebuah bisnis, meski Anda sedang bekerja di sebuah kantor atau perusahaan sekarang ini. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, Anda bisa membangun bisnis sendiri tanpa harus menyewa ruko atau toko fisik. Tentu saja caranya adalah dengan menjual produk-produk Anda secara online.

Merasa tertarik namun masih bingung apa saja contoh bisnis online yang bisa dicoba? Well, ternyata ada banyak peluang bisnis yang menjanjikan bila ditekuni, lho! Apalagi beberapa produk permintaannya malah naik usai lebaran. Tak perlu modal sebanyak ratusan juta, bahkan Anda bisa memulai bisnis dari hobi sendiri, misalnya memasak dan berkebun.

Penasaran apa saja contoh ide beberapa bisnis online yang bisa Anda coba setelah momen lebaran berlalu? Simak ide-ide tersebut berikut ini!

1.   Menjadi Seorang Reseller

Baca Juga: Cara Pindahkan Akun WhatsApp Messenger ke Business

Istilah yang satu ini pasti sangat sering Anda dengar. Yap! Reseller. Sebutan untuk orang-orang yang berbisnis dengan cara menjual kembali barang-barang yang disuplai oleh produsen atau distributor besar melalui internet. Selain hanya perlu modal minim untuk melakukannya terutama karena reseller itu bertindak hanya sebagai perantara, bisnis yang satu ini mendapatkan keuntungan dari margin pembelian serta penjualan barang-barang tersebut.

Ada banyak contoh produsen ataupun distributor besar di beberapa marketplace yang membuka peluang reseller untuk berbagai produk tertentu. Anda dapat menemukan mereka di semua marketplace ternama seperti Shopee, Lazada, atau Bukalapak.

Well, apabila Anda berminat untuk mencoba bisnis online yang satu ini, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan produk apa yang akan Anda reseller. Beberapa contohnya adalah produk parfum, lotion, batik, kaos-kaos oblong, pakaian muslim, dan masih banyak lagi. Selanjutnya, hubungi supplier atau distributor produk-produk tersebut untuk mendapatkan harga khusus karena Anda bermaksud membeli lalu menjualnya kembali.

Sebagai informasi, umumnya reseller diharuskan untuk membeli produk dalam jumlah banyak sebagai stok. Dan inilah yang membutuhkan modal lumayan banyak. Meskipun begitu, sisi positifnya adalah Anda dapat mengetahui kualitas produk yang Anda jual tersebut secara langsung sebelum menjualnya kembali kepada pelanggan Anda.

2.   Jual Aneka Kue  

Baca Juga: Perluas Bisnis Mobil Listrik, Hyundai Investasikan Rp 242 Triliun

Bagi Anda yang jago masak, ini bisa jadi peluang bisnis yang menggiurkan. Khususnya bila Anda punya kemampuan khusus di bidang kue, jajanan, dan sejenisnya. Anda bisa menjadikannya bisnis rumahan sampingan dengan keuntungan menjanjikan. Apalagi market-nya pun luas dan banyak orang mencari kue untuk banyak acara atau momen-momen spesial. Misalnya saat menjelang hari raya atau hari besar, lamaran, ulang tahun, arisan, hingga pernikahan.

Komentar